Kamis, 26 Juli 2018 11:00

Wow ... Nilai Aset Komplek Sangkuriang Cimahi Capai Rp 15 Miliar Lebih

Reporter : Fery Bangkit 
Kondisi Stadion Sangkuriang, Kota Cimahi yang Semakin tak Terawat
Kondisi Stadion Sangkuriang, Kota Cimahi yang Semakin tak Terawat [limawaktu]

Limawaktu.id, - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi menyebutkan, nilai aset awal Gor dan Stadion Sangkuriang mencapai Rp 14 miliar.

Total nilai aset tersebut dihitung oleh pihak ketiga sebelum pengelolaan Gor dan Stadion Sangkuriang diserahkan kepada Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal.

Baca Juga : Stadion Sangkuriang Cimahi Butuh Kasih Sayang

"Nilai aset awal gor dan lapang sepak bola (Sangkuriang) Rp 14 miliar. Dinilai pihak ketiga," kata Kepala Seksi Pemanfaatan dan Penghapusan Barang Milik Daerah pada BPKAD Kota Cimahi, Ira Triana di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Rabu (25/7/2018).

Kemungkinan, kata Ira, jika aset Sangkuriang dihitung kembali saat ini, akan mengalami kenaikan, seiring naiknya harga jual tanah. Nilai asetnya bisa lebih dari Rp 20 miliar.

Baca Juga : Sangkuriang Tak Bisa Dijadikan Stadion Bertaraf Nasional & Internasional

"Kalau gor (gedungnya) akan menyusut, bisa jadi setengah dari yang dulu. Kalau tanah justru naik," ujar.

Namun untuk saat ini, lanjut Ira, pihaknya belum bisa menghitung ulang total nilai aset Gor dan Stadion Sangkuriang. Pasalnya, status asetnya hingga kini masih menggantung. Status pun belum tercatat dalam neraca aset.

PDJM selaku pengelola saat ini struktur direksinya sudah habis. Sedangkan Pemerintah Kota Cimahi belum memiliki wewenang untuk pengelolaan. Sebab, masih menunggu Peraturan Daera (Perda) selesai, sebagai legalitas.

"Kalau Perda udah jadi, ada berita acara penyerahan, baru ada penilaian aset. Kita masukan ke dalam neraca aset," tandas Ira.

Baca Lainnya