Rabu, 4 Oktober 2017 15:25

West Java Eco Marathon Diikuti Pelari Luar Negeri

westjavamarathon
westjavamarathon [westjavamarathon]

Limawaktu.id,- Event olahraga marathon terbesar kali pertama akan digelar di Jawa Barat, tepatnya di Pangalengan Kabupaten Bandung, pada 15 Oktober 2017 .

Event yang bertajuk West Java Eco Marathon tersebut , akan diikuti para peserta dari dalam dan luar negeri.

Menurut pantauan, West Java Eco Marathon pertama menyajikan "Feel The Breeze" yang diselenggarakan di atas ketinggian 1.100-1.750 diatas permukaan laut  dengan venue favorite tempat berlatih atlet-atlet top lari Indonesia dan dibagi empat etape 5 km, 10 km, 21 km dan 42 km.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, persiapan kepanitiaan sudah menunjukan 80 persen, dan pihaknya pun telah mengontrol rute yang akan dilalui para peserta. "Untuk rute dan persiapan sudah cukup baik," kata Dadang saat ditemui di kantornya, Rabu (4/10).

Dadang mengungkapkan, untuk infrastuktur jalan pihaknya telah memerintahkan Dinas PUPR untuk mempersiapkan jalan yang akan dilalui para peserta dengan baik. "Jangan sampai ada jalan rusak, supaya tidak akan terjadi kecelakaan saat lari," ungkapnya.

Menurutnya, nantinya para peserta akan berlari mengitari wilayah Pangalengan dan akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat asri dan eksotis. Selain berolahraga, para peserta juga akan berlari sembari menikmati udara sejuk pegunungan Bandung Selatan dan pemandangan hamparan kebun teh. 

"Rutenya disekitar Pangalengan, tadinya mau dari Ciwidey via Gambung lalu ke Pangalengan tapi tidak jadi. Semuanya di Pangalengan, Malabar, Wanasuka dan Santosa," jelasnya.

Lebih lanjut  Dadang menjelaskan, di pilihnya Pangalengan sebagai lokasi utama West Java Eco Marathon, karena Pangalengan memiliki banyak obyek wisata alam salah satunya Situ Cileunca. Selain itu kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung promosi pariwisata.

Tidak hanya obyek wisata alam, katanya, nanti pada pelaksanaan West Java Eco Marathon pihaknya pun akan mendorong para pelaku UKM di Kabupaten Bandung untuk menampilkan prodak unggulannya kepada para peserta.

"Dalam acara marathon, Kami akan menyajikan sajian makanan khas Kabupaten Bandung dan produk UKM di Kabupaten Bandung," paparnya. (lie)*