Minggu, 24 Juni 2018 16:20

Warga Bandung dan Cimahi Sepakat Std. Sangkuriang tak Layak Digunakan PSKC Vs Persib Bandung

Reporter : Fery Bangkit 
Kondisi Stadion Sangkuriang.
Kondisi Stadion Sangkuriang. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Rencana laga Piala Indonesia 2018 antara pskc Cimahi vs Persib Bandung pada 4 Juli 2018 mendapat beragam kritik dari warga Cimahi dan Bandung.

Sorotan dan kritikan warga sendiri tertuju pada venue laga keduanya yang bertempat di Stadiun Sangkuriang, Kota Cimahi. Stadiun yang memiliki kapasitas 12.000 orang itu dianggap tak layak untuk menggelar pertandingan sepa bola tingkat nasional.

Baca Juga : Stadion Sangkuriang Cimahi Butuh Kasih Sayang

Berdasarkan pantauan, stadiun yang sempat digunakan Persikab Bandung itu memang sudah mengalami kerusakan. Seluruh bagian stadiun nampak tak terawat lagi.

Pada bagian tribun, nampak sudah dipenuhi rumput. Lebih parahnya lagi, sampah dibiarkan begitu saja. Bahkan, tidak ada penghalang di semua bagian tribun sehingga penonton bebas masuk.

Baca Juga : Sangkuriang Tak Bisa Dijadikan Stadion Bertaraf Nasional & Internasional

Sementara bagian lapang tempat bertanding, kondisinya cukup memprihatinkan. Tanahnya sudah tidak rata lagi. Rumputnya pun mulai mengering.

Mansyur (30), salah seorang warga Kota Bandung menuturkan, Stadiun Sangkuriang tidak layak untuk dijadikan laga PSKC vs Persib Bandung. Kondisi lapangan dikhawatirkan membuat pemain rencan cidera.

"Saya tau Persib mau main di sini (Sangkuriang) tanggal 4. Tapi kalau liaht stadiunnya gak layak," katanya saat ditemui di sekitar Stadiun Sangkuriang, Minggu (24/6/2018).

Selain itu, kata dia, melihat kapasitas stadiun, sangat tidak mungkin untuk menampung para penonton. Terutama bobotoh Persib. Apalagi, bila melihat bagian tribun yang dipenuhi rumput.

"Kalau Persib uji coba aja penuh, apalagi pertandingan. Pasti membludak," tuturnya.

Hal senada dikatakan Ayi (48), warga Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Ia mengaku belum tahu akan ada pertandingan PSKC melawan Persib Bandung di Stadiun Sangkuriang.

Namun, bila memang informasi tersebut benar, menurutnya stadiun yang kini masih berada di bawah pengelolaan BUMD itu tidak tepat untuk menggelar pertandingan sekelas Piala Indonesia.

"Gak layak. Harusnya ada perbaikan dulu, jangan dibiarkan begini," ucapnya.

Dian (20), warga Kota Cimahi lainnya menuturkan, Stadiun Sangkuriang memang tidak representatif untuk menggelar pertandingan sekelas Persib Bandung. Tapi, kalau sudah terjadwalkan, menurutnya itu tetap harus dilaksanakan.

"Kalau lihat keadaan lapangan, tidak memungkinkan. Tapi bukan alasan untuk membatalkan pertandingan," ujarnya.

Baca Lainnya