Kamis, 26 Juli 2018 9:25

Stadion Sangkuriang Cimahi Kini tak Bertuan

Reporter : Fery Bangkit 
Kondisi Stadion Sangkuriang, Kota Cimahi yang Semakin tak Terawat
Kondisi Stadion Sangkuriang, Kota Cimahi yang Semakin tak Terawat [limawaktu]

Limawaktu.id, - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi menegaskan, Stadion dan Gor Sangkuriang belum tercatat dalam neraca aset Pemerintah Kota Cimahi.

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Penghapusan Barang Milik Daerah pada BPKAD Kota Cimahi, Ira Triana mengatakan, status pengelolaan Gor dan Stadion Sangkuriang saat ini masih menggantung.

Baca Juga : Stadion Sangkuriang Cimahi Butuh Kasih Sayang

"Memang secara teknis itu sudah gak di PDJM karena PDJM struktur direksinya sudah habis. Karena sudah habis, gak ada pimpinan, jadi hilang (yang) mengoperasionalkan siapa," jelas Ira saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu (25/7/2018).

Berdasarkan data yang dikutip dari http://id.m.wikipedia.id, Stadion Sangkuriang yang terletak di Cisangkan, Kota Cimahi itu dibangun sekitar tahun 1970-an. Setelah Kota Cimahi mandiri tahun 2001, Gor dan Stadion Sangkuriang menjadi salah satu aset yang dihibahkan dari Kabupaten Bandung.

Baca Juga : Sangkuriang Tak Bisa Dijadikan Stadion Bertaraf Nasional & Internasional

Kemudian, tahun 2001, aset tersebut dialihkelolakan oleh Pemerintah Kota Cimahi kepada Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) tahun 2011 melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal.

Ira menjelaskan, sejak berpindah tangan ke PDJM, Pemerintah Kota tidak punya kewenangan lagi untuk mengelola Gor maupun Stadion Sangkuriang. Termasuk soal anggaran.

Hingga saat ini pun, lanjut Ira, pihaknya belum memiliki mewenang memasukan kembali komplek Sangkuriang ke dalam neraca aset Pemerintah Kota Cimahi, meskipun PDJM sudah tidak mengelola lagi. Jika secara hukum aset sudah dikembalikan, baru pihaknya memiliki mewenang mengelolanya.

"Pemerintah ambil alih belum bisa karena belum diperdakan. Secara hukum, kita nunggu Perda," tegas Ira.

Kepala Bidang Aset pada BPKAD Kota Cimahi, Rony Rodjani menambahkan, menurut informasi, saat ini Perda untuk mengambil alih aset Gor dan Stadion Sangkuriang masih dalam proses.

Jika Perda sudah selesai dan disahkan, maka secara resmi pihaknya akan mulai mendata dan memasukan lagi aset tersebut ke dalam neraca aset Pemerintah Kota Cimahi, yang kemudian diserahkan kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi.

"Kalau Perda udah jadi, nanti didata nilai asetnya dan dikembalikan ke Disbudparpora," katanya.

Berdasarkan pantauan, khusus Stadion Sangkuriang, kondisinya kini semakin tak terawat. Bagian tribunnya sudah lapuk dan dipenuhi sampah serta rumput. Sementara area sentral lapangannya terlihat sudah tak rata lagi.

Lebih parahnya lagi, tempat tersebut kabarnya kerap dijadikan pemuda-pemudia sebagai lokasi untuk kegiatan yang negatif.

Baca Lainnya