Kamis, 21 Maret 2019 15:42

Ratusan Atlet Cilik Hingga Tentara Adu Ketangkasan di Turnamen Pencak Silat se-Jawa Barat 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Pembukaan Pasundan Cimahi Open Championship (PCOC) 2019 di STkIP Pasundan, Jln. Permana, Kota Cimahi.
Pembukaan Pasundan Cimahi Open Championship (PCOC) 2019 di STkIP Pasundan, Jln. Permana, Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sebanyak 398 atlet terlibat dalam kejuaraan pencak silat bertajuk Pasundan Cimahi Open Championship (PCOC) 2019 di STkIP Pasundan, Jln. Permana, Kota Cimahi.

Rinciannya, usia SD sebanyak 138 anak, SMP 92 anak, SMA 95 anak dan dewasa 83 anak yang datang dari seluruh penjuru Jawa Barat.

Turnamen pencak silat yang diikuti anak usia pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dewasa itu berlangsung tanggal 21-23 Maret 2018.

Ketua STKIP Pasundan Cimahi, Dedi Supriadi mengatakan, pelaksanaan turnamen silat se-Jawa Barat ini ditujukan agar para atlet, pelatih hingga pembina bisa lebih meningkatkan kemampuan dan prestasinya.

"Yang diharapakan itu juga prestasi persilatan di Jawa Barat ini lebih meningkat," katanya saat ditemui usai pembukaan PCOC tahun 2019 di STKIP Pasundan Cimahi, Kamis (21/3/2019).

Dikatakanya, sejauh ini prestasi atlet pencak silat asal Jawa Barat sangat menonjol baik di tingkat nasional maupun internasional. Di antaranya, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Asian Games tahun lalu, atlet asal tatar pasundan ini berhasil membawa beberapa medali emas. 

"Dengan diadakannya Pasundan Cimahi Open Championship ini mudah-mudahan raihan medali Jawa Barat menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cimahi, Khaerul Sobar menambahkan, ada beberapa jenis yang dipertandingan dalam PCOC tahun ini. Di antaranya kategori pemasalan dan prestasi. 

"Pemasalan itu untuk anak SD. Tujuannya untuk memperkenalkan pencak silat kepada anak usia dini," ujarnya. 

Sedangkan kategori prestasi itu dikhususkan bagi anak pesilat SMP, SMA/SMK dan dewasa (termasuk anggota TNI).

Baca Lainnya