Minggu, 9 September 2018 18:50

Populerkan Petanque, FOPI Jabar Rencanakan Roadshow ke Sekolah

Reporter : Fery Bangkit 
Pelaksanaan Haornas 2018 Cabang Petanque di Lap. STKIP Pasundan Cimahi, Jln. Permana, Minggu (9/9/2018).
Pelaksanaan Haornas 2018 Cabang Petanque di Lap. STKIP Pasundan Cimahi, Jln. Permana, Minggu (9/9/2018). [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Untuk mempopulerkan olahraga Petanque, Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Barat akan menggelar roadshow ke sekolah-sekolah.

Olahraga lempar bola besi metal (bosi) tersebut berasal dari Prancis. Namun, belum diketahui percis kapan masuknya ke Indonesia. Tapi, pada tahun 2011, Petanque menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Sea Games XXVI.

Baca Juga : Pemanasan Porda Jabar 2018, Atlet Petanque Saling Sikut di Haornas Jabar

"Kalau organisasi Petanque di Jawa Barat mulai terbentuk tahun 2016. Untuk mempopulerkannya, kita akan roadshow ke sekolah-sekolah," ujar Akhmad Sobarna, Sekretaris Umum FOPI Jawa Barat saat ditemui disela-sela Hari Olahraga Nasional (Haornas) Petanque Jawa Barat cabang Petanque di Lap. STKIP Pasundan Cimahi, Jln. Permana, Minggu (9/9/2018).

Menurut Akmhad, olahraga Petanque terus berkembang di Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Bahkan kini, mulai tumbuh atlet-atlet Petanque yang sanga berpotensi.

"Talenta di Jawa Barat luar biasa. Di kejuaraan nasional selalu masuk 3 (tiga) besar," ucapnya.

Olahraga Petanque sendiri menjadi salah satu cabang yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018 yang akan berlangsung Oktober mendatang di Kabupaten Bogor.

Sebagai pemanasan, para atlet dan daerah yang lolos Porda Jawa Barat cabang Petanque pun turut serta dalam Haornas Petanque 2018 di Lap. STKIP Pasundan Cimahi sejak Sabtu sampai Minggu (9/9/2018).

Dari 11 cabang yang dipertandingan dalam Porda nanti, hanya satu nomor yang dipertandingkan dalam Haornas kali ini, yakni double event. Tercatat ada 20 tim dengan 40 atlet junior yang bertanding serta 32 tim dengan 64 atlet senior yang ikut serta.

"Peserta Porda ikut semua. Termasuk Kota Cimahi," tandasnya.

Baca Lainnya