Jumat, 2 Februari 2018 15:51

Pemkot Cimahi Gelar Popkot, Berikut Cabor yang Dipertandingkannya

Reporter : Fery Bangkit 
Nanang, Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disbudparpora Kota Cimahi.
Nanang, Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disbudparpora Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sembilan Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Kota (Popkot) Cimahi tahun 2018.

Sembilan cabor tersebut yakni, cabang atletik, bola voli pasir, tinju, tarung deratat, gulat, judo, karate, renang dan dayung.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Nanang, mengatakan, tujuan digelarnya Popkot tersebut untuk menjaring para atlet di usia muda khususnya tingkat pelajar.

"Rencananya akan dilaksanakan di akhir Februari 2018," katanya saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jum'at (2/2/2018).

Disinggung mengapa hanya sembilan cabor saja yang dipertandingkan, ia menjelaskan, karena dari sembilan cabor ini adalah yang tidak lolos Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Derah (Porda) tingkat Jawa Barat.

"Jadi gelaran ini sebagai ajang menggali potensi atlet di Kota Cimahi. Agar kedepannya dalam setiap pertandingan tingkat nasional bisa diikuti," terangnya.

Nanang melanjutkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan jadwal untuk, pendaftaran dan screening bagi para atlet dari masing-masing sekolah. Sehingga, diharapkan pihak sekolah sudah siap dari segala keperluan administrasinya seperti jumlah atlet yang dikirimkan maupun keperluan lainnya.

Sementara itu, untuk jumlah atlet yang akan mengikuti pertandingan dari masing cabor, kata dia, target awal secara keseluruhan sebanyak 100 orang karena, khawatir pesertanya membludak.

"Tapi, kalau memungkinkan peserta bisa bertambah," ujarnya.

Dalam persiapan Popkot 2018 di Kota Cimahi, yang masih menjadi kendala sejauh ini yakni, venue untuk menggelar pertandingan. Terlebih ada pertandingan yang harus dilaksanakan di luar Cimahi karena, keterbatasan lahan. Salah satunya untuk cabor dayung rencananya dilaksanakan di Ciburuy Kabupaten Bandung Barat.

"Soal venue, sedang diurus oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Olahraga kota. Muda-mudahan secepatnya mendapatkan tempat," ucapnya.

Dengan digelarnya Popkot nanti, tambah dia, diharapkan para atlet menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu, kejuaraan ini juga dapat menjadi langkah yang baik untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif seperti narkoba maupun kenakalan remaja lainnya.

"Kami minta dukungannya dari semua pihak, agar kejuaraan ini terselenggara dengan lancar," pungkasnya.