Kamis, 26 Desember 2019 21:15

M. JODY KURNIADY: Aset Cimahi yang Malang Melintang di Pentas Sepakbola Nasional Tingkat Junior

Reporter : Permana
Jody Kapten Pusaka GB-Ebod Jaya FC
Jody Kapten Pusaka GB-Ebod Jaya FC [Permana]

Limawaktu.id - Mochamad Jody Kurniady, salah seorang pilar utama di tim sepakbola Pusaka GB-Ebod Jaya FC Cimahi, yang saat ini sedang berlaga di turnamen Ebod Jaya Cup, di lapang Pusdik Armed Cimahi. Jody, yang menyandang ban kapten berposisi di lini belakang, sebagai center back, sukses membawa timnya bertengger di puncak klasemen sementara grup A.

Di tim Pusaka GB-Ebod Jaya FC, sosok Jody begitu sentral dan berpengaruh. Selain secara kemampuan cukup mumpuni, Jody juga memiliki banyak pengalaman bermain di tim-tim besar nasional tingkat junior. Pada tahun 2016, ketika masih berusia 16 tahun, putra kelahiran Bandung, 14 Agustus 2000 dari pasangan Juliandi dan Nia Kurniaty ini memperkuat tim Garuda Keadilan FC Indonesia saat berlaga di Ghotia Cup Swedia. Jody juga tiga kali ikut di Piala Soeratin U-17, yakni Tiki Taka FC Bandung tahun 2015 dan 2016, serta di tim Bandung Legend (2017). Tahun 2017 Jody juga bergabung bersama tim Popnas Iabar yang berlaga di Semarang.

Jody Bersama tim Bhayangkara FC U-20 Saat Berlaga di Liga 1 2019

Tahun 2018, Jody memperkuat tim Porda Cimahi saat kualifikasi Porda Jabar. Kemudian, Jody memperkuat tim PSIS Semarang  U-19 asuhan mantan pemain timnas dan Persib Bandung M. Ridwan. Selanjutnya, Jody tim Super Progresif Bandung di Liga 3 Tingkat Jabar. 

Prestasi membanggakan ditorehkan Jody di musim 2019 saat ia memperkuat tim Bhayangkara FC di Liga 1 U-20. Jody berhasil mengantarkan tim yang diasuh mantan pemain timnas dan Persib Bandung Nova Arianto ini, ke babak semifinal dan meraih juara 4. Setelah kontraknya di tim Bhayangkara FC habis, sekarang Jody kembali ke Cimahi untuk memperkuat Ebod Jaya FC. 

"Sementara pulang dulu ke Cimahi sambil menunggu panggilan lagi Jody main di turnamen Ebod Jaya Cup memperkuat Pusaka GB-Ebod Jaya FC. Karena, kemungkinan besar Jody akan kembali memperkuat Bhayangkara FC di Liga 1 U-20 musim depan," jelas Juliandi, ayah Jody, yang merangkap sebagai manajer. 

Di tim Pusaka GB-Ebod Jaya FC tenaga Jody sangat dibutuhkan. Bahkan, pengalamannya bermain di level nasional sangat diperlukan untuk memotivasi rekan-rekannya di tim Pusaka GB-Ebod Jaya FC. "Berbekal pengalamannya tersebut, Jody dianggap senior dan jadi panutan bagi rekan-rekannya. Oleh karenanya, coach Tedi Sumpena mempercayainya sebagai kapten," tutur Juliandi. 

Jody dan kawan-kawan saat ini berada diperingkat atas klasemen sementara grup A turnamen Ebod Jaya Cup, dan berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya. Main tiga kali, timnya mampu meraih hasil maksimal, dengan mengoleksi poin penuh. Bahkan, selisih gol pun sangat meyakinkan, 15 gol memasukan dan hanya 2 gol kemasukan. 

Tidak hanya kokoh dalam mengkordinir barisan pertahanan, Jody juga cukup piawai dalam membangun serangan dan aktif memberikan asist kepada striker hingga menghasilkan gol. Terbukti, hingga saat ini Jody sudah mengoleksi 4 gol. 

Baca Lainnya