Senin, 12 April 2021 17:20

Lolos ke Semifinal Piala Menpora, Pertahanan Persib Jangan Sampai Lengah Lagi

Reporter : Permana
Tedi Sumpena, coach Ebod Jaya FC Cimahi
Tedi Sumpena, coach Ebod Jaya FC Cimahi [istimewa]

Limawaktu.id - Tim kebanggaan masyarakat bola Jawa Barat, Persib "Maung" Bandung, akhirnya lolos ke Semifinal usai mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor ketat 3-2, dalam pertandingan perempatfinal di Stadion Manguwoharjo, Sleman Yogyakarta, Minggu (11/4/2021). Meski menang, publik sepakbola Jabar merasa kurang puas dengan penampilan tim asuhan Robert Albert, yang dinilai kurang meyakinkan. Betapa tidak, setelah unggul diawal babak pertama dengan skor 3-0, Persib tak mampu menjaga pertahanan dengan baik. Tim muda asuhan Aji Santoso ini sukses menyarangkan dua gol balasan di babak kedua Bahkan, Persebaya nyaris saja menyamakan kedudukan.

Bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama, Persebaya mampu mengimbangi permainan tim Pangeran Biru, yang didominasi pemain senior. Mengandalkan pemain-pemain berpengalaman, Persib nampak mulai kedodoran di babak kedua. "Partai klasik kemarin ibarat tim yang mengandalkan pengalaman melawan tim muda dengan motivasi dan daya juang yang tinggi. Khususnya babak kedua, Persib agak keteteran," ujar Tedi Sumpena, praktisi sekaligus pemerhati sepakbola nasional asal Cimahi, Jabar.

Tedi menambahkan, Persib diuntungkan oleh 2 gol cepat dimenit-menit awal babak pertama. Kemudian dilengkapi gol ketiga menjelang babak pertama berakhir. Sehingga Persebaya lumayan ngedrop. Namun tak berlangsung lama, militansi muda Persebaya langsung bangkit di babak kedua. Dua gol yang dicetak Persebaya melalui proses yang hampir sama. Disaat lini pertahanan Persib lengah, Persebaya terus menekan dan mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas, yang berhasil dimanfaatkan dengan baik.

"Babak kedua milik Persebaya. Persib akhirnya cari aman dengan memasukkan Supardi dan Jupe," tuturnya.

Di semifinal nanti, Persib akan menghadapi pemenang antara Bali United melawan PSS Sleman, yang baru akan bertanding malam ini. Siapa lawan yang akan dihadapi Persib di semifinal nanti, Persib harus lebih hati-hati. Jangan sampai kecolongon lagi jika sudah unggul. Karena waktu bermain adalah 90 menit, jadi segala kemungkinan bisa terjadi sampai wasit membunyikan pluit panjang," kata pelatih kepala Ebod Jaya FC Cimahi, yang tengah mempersiapkan timnya di Liga 3 ini.

Baca Lainnya