Rabu, 13 Desember 2017 15:39

Lestarikan Tradisi Nenek Moyang, Digelar Lomba Olahraga Tradisional Piala Gubernur Jabar di Pusdikhub Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Salah satu olahraga tradisional yang dipertandingkan di Pusdikhub
Salah satu olahraga tradisional yang dipertandingkan di Pusdikhub [limawaktu]

Limawaktu.id, - Ratusan Siswa tingkat SD, SMP, dan SMA se-Jawa Barat turut serta dalam Kejuaraan Olahraga Tradisional Piala Gubernur Jawa Barat di Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) TNI AD, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, Rabu (13/12/2017).

Acara itu diselenggarakan oleh Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) Jawa Barat.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Olahraga Tradisional Piala Gubenur Jabar, Asep Purwantoro mengatakan, acara tersebut diikuti oleh siswa dari sekolah sekolah yang ada di Jawa Barat.

"Diantaranya, peserta itu siswa siswa dari sekolah yang ada di Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, KBB, Purwakarta, Subang, Ciamis, Cirebon, Sukabumi dan yang lainnya," ujar Asep Purwantoro saat ditemuidi Pusdikhub, Rabu (13/12/2017).

Ada beberapa jenis olah raga yang diperlombakan pada kegiatan tersebut. Di antaranya Sumpitan, Enggrang, Hadang, Terompah Panjang (Bakiak), dan Dogongan.

Ditemui ditempat yang sama, Komandan Pusdikhub, Kolonel Dede Mulyana, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di markasnya tersebut.

"Kami bangga dan berterima kasih atas penunjukan tempat dalam rangka Kejuaraan Olahraga Tradisional Piala Gubernur Jawa Barat ini," ujar Kolonel Dede Mulyana.

Menurutnya, perlombaan olahraga tradisional ini merupakan suatu tradisi dari nenek moyang yang harus tetap dilestarikan oleh anak anak muda.

Pasalnya, kata dia, pada jaman sekarang kemajuan teknologi telah menggerus generasi muda, sehingga sebagian anak muda banyak yang lupa dengan olahraga tradisional.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita mengingatakan pada seluruh orangtua untuk mengingatakan kepada anak anaknya tentang kebudayaan tradisional kita," katanya. (kit)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Sae

13 Desember 2017 23:25 Balas