Rabu, 11 Oktober 2017 9:02

Kota Cimahi Ikuti 38 Cabor, Siap Hadapi Babak Kualifikasi Porda

Olahraga KONI Kota Cimahi
Ketua KONI Kota Cimahi H. Trenggono, menyatakan Kota Cimahi siap menghadapi babak kualifikasi Porda. Beliau menyebutkan tak ada kendala berarti yang dihadapi KONI dan cabor-cabor yang ada.
Ketua KONI Kota Cimahi H. Trenggono, menyatakan Kota Cimahi siap menghadapi babak kualifikasi Porda. Beliau menyebutkan tak ada kendala berarti yang dihadapi KONI dan cabor-cabor yang ada. [Foto: Anka]

Limawaktu, - Kota Cimahi telah siap menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018, mendatang. Seperti yang ditegaskan Ketua KONI Kota Cimahi, H. Trenggono, di sela-sela persiapan pelepasan tim Fusal Kota Cimahi, di sekretariat KONI kota Cimahi, Senin (9/10/2017).

Menurut Trenggono, tak ada kendala besar yang dihadapi oleh KONI Kota Cimahi menjelang babak kualifikasi Porda. Dari segi dana dan kesiapan tiap cabang olahraga (cabor) sudah benar-benar matang. “Hampir seluruh cabor yang ada akan mengikuti babak kualifikasi. Dan bila melihat kesiapan di tiap cabor, segala sesuatunya sudah siap,” ucap Trenggono.

Ada 38 cabang olahraga yang diikuti Cimahi di Porda 2018 Bogor, nanti. Dari jumlah itu, hanya tennis dan hoki saja yang nampaknya tidak akan mengikuti babak kualifikasi. Sedangkan cabor Futsal, saat ini sedang mengikuti babak kualifikasi di GOR Jatinangor.

Ditanya soal sarana olah raga yang kurang di Cimahi dalam menghadapi Porda, Trenggono mengakui kekurangan ini. Ia mengatakan bahwa di Cimahi hanya ada satu gelanggang olah raga saja yang memadai, yaitu GOR Sangkuring. Menurutnya, ini terjadi karena minimnya anggaran untuk sarana olah raga. Trenggono berharap, tahun depan pemerintah benar-benar memberikan dukungannya.

Namun begitu, Trenggono pun bersyukur karena Cimahi memiliki pusdik-pusdik TNI yang dapat memfasilitasi kekurangan ini. Para pemain dapat terbantu dengan sarana yang dimiliki oleh pusdik-pusdik TNI tersebut, sehingga persiapan untuk babak kualifikasi Porda pun tidak banyak menghadapi kendala.

Untuk masalah anggaran, Trenggono menyatakan cukup terpenuhi. Dengan kondisi keolahragaan di Cimahi saat ini, anggaran yang sebenarnya tidak terlalu besar pun dinilainya sudah mencukupi. Namun jika Cimahi berpotensi memiliki prestasi jauh di atas kondisi hari ini di gelaran Porda, pihaknya siap untuk meminta lebih. “Anggaran cukup untuk tahun ini. Dalam arti sesuai dengan kondisi prestasi kota Cimahi saat ini,” ujarnya.

Di tempat terpisah, pengamat olahraga sekaligus Exco PSSI Askot Cimahi, Endang Black. menyatakan bahwa perkembangan olahraga di Cimahi saat ini sudah sangat berkembang pesat. Ada gairah baru di bidang olahraga di Cimahi semenjak kepengurusan KONI dipimpin oleh H. Trenggono. “Berkat kepengurusan KONI sekarang yang terarah dan terorganisir dengan baik, olah raga di Cimahi mengalami banyak kemajuan,” kata Endang.

Endang mengungkapkan bahwa kondisi dunia olah raga di Cimahi yang sebelumnya sangat minim perhatian, kini telah berubah total. Cabor-cabor yang ada mendapat perhatian serius. Endang pun berharap cabor-cabor yang ada pun terlecut untuk memberikan yang terbaik pada babak kualifikasi Porda. (anka)*