Kamis, 8 Oktober 2020 12:24

Jadwal Liga 3 & Soeratin Belum jelas, Ebod Jaya FC Genjot Ujicoba

Reporter : Permana
Tim Ebod Jaya FC
Tim Ebod Jaya FC [Permana]

Cimahi - Akibat pengunduran jadwal Liga 1 Nasional dan ketidakjelasan digelarnya Liga 2 dan Liga 3, serta Piala Soeratin untuk tingkat junior (U-17), akibat wabah corona (covid-19), sehingga program latihan dan persiapan yang sudah dilakukan tim-tim peserta. Ebod Jaya FC salah satu tim yang sedang melakukan persiapan mengikuti Liga 3 Jabar dan Piala Soeratin U-17, juga terkena dampaknya. 

Para pemain yang sudah melakukan latihan rutin selama tiga bulan terakhir dimasa pandemi butuh penyaluran melalui pertandingan untuk mengukur kemampuan individu dan kualitas tim work.

Untuk mengatasi hal ini akhirnya manajemen tim Ebod Jaya FC mengadakan serangkaian ujicoba bersama beberapa tim yang ada di Jabar, yakni Rockstar FC, Persekabba dan Citra, plus timnas U-16. Ujicoba ini digelar selama sepekan, di lapang Pusdikjas Kodiklat TNI AD Baros, Cimahi, mulai Rabu (7/10). 

"Tim senior dan junior perlu menyalurkan hasil latihannya dengan bertanding. Melalui pertandingan bisa terlihat kemampuan individu pemain dan kerjasma dalam tim," ujar Kang Ebod, owner Ebod Jaya FC. 

Tim Ebod Jaya Junior yang didominasi pemain Piala Soeratin U-17 bermain imbang dua kali, ketika menghadapi tim Rockstar FC Bandung (7/10) dan timnas U-16 (8/10) pagi. Sedangkan tim Ebod Jaya FC Liga 3 berhasil mengungguli Persekabba Kab. Bandung Barat dengan skor meyakinkan, 3-0 pada laga ujicoba yang berlangsung Rabu (7/1) siang. 

Menanggapi hasil ujicoba tim asuhan coach Tedi Sumpena, Kang Ebod mendapati beberapa catatan penting unruk dievaluasi. Menurutnya, setelah setahun menggeluti sepakbola menemukan beberapa temuan kelemahan yang jika dibenahi mungkin dapat meningkatkan kualitas permainan.

Pola permainan cenderung individualis, menerima umpan dalam tekanan tetap memaksakan ngontrol bola yang ujung-ujungnya kena lawan atau mengumpannya jadi kurang akurat.

"Postur kurang tinggi tapi umpan lambung terus. Sedangkan umpan yang dapat merepotkan/membahayakan lawan adalah umpan dasar dengan umpan terobosan. Dengan memahami kelemahan dan di perbaiki.

''saya optimis Ebod Jaya FC dapat mewarnai sepak bola nasional,' beber Kang Ebod.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer