Senin, 13 November 2017 22:50

Ini Rapor Persib selama Liga 1 2017

Reporter : Muhammad Ankawijaya
Tim Persib Bandung pada Liga 1 tahun 2017.
Tim Persib Bandung pada Liga 1 tahun 2017. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Persib Bandung telah menyelesaikan seluruh laganya di kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1. Sayang di laga terakhirnya pada Minggu (12/11/2017) sore, Persib harus menyerahkan kemenangan kepada Perseru Serui dengan skor 0-2.

Lalu bagaimana raport persib dalam mengarungi kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1? Berikut adalah fakta-fakta Persib selama kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 berlangsung di tahun 2017 ini. Data ini diambil dari situs resmi Persib Bandung, Persib.co.id.

Persib telah melakoni laga sebanyak 34 partai dan berada di posisi ke 13 dengan raihan poin 41. Dari jumlah itu, 17 laga di kandang dan 17 laga tandang. Dari 34 laga, persib hanya mampu meraih 9 kemenangan, yakni 7 kemenangan di kandang dan 2 tandang. 2 kemenangan tandang diperoleh ketika melawan Gresik United dan Sriwijaya FC.

Persib terperosok di posisi 13, karena selama mengarungi liga lebih sering mengalami hasil seri di kandang dan sering kalah ketika tandang. Tercatat Persib mengalami hasil seri sebanyak 14 kali dengan rincian 8 kali seri di kandang dan 5 kali tandang.

Sedangkan untuk kekalahan, Persib telah 11 kali dilumat oleh lawan. Dari jumlah ini, hampir semuanya terjadi di kandang lawan. Hanya di laga terakhir ketika melawan Perseru Serui saja Persib mengalami kekalahan kandangnya. Dengan demikian, dapat terlihat bahwa persib bermain terpuruk di posisi 13, karena Persib tidak mampu memaksimalkan pertandingan kandang yang tak mampu meraih kemenangan lebih dari 50 persen. Persib hanya mampu mengumpulkan 30 poin saja dari total 51 poin kandang.

Kemudian Persib pun tak mampu mencuri banyak kemenangan atau setidaknya banyak mencuri satu poin di kandang lawan. Dari 17 laga yang dilalui, Persib hanya mampu mengumpulkan 11 poin saja dari total 51 poin tandang.

Untuk persoalan mencetak gol, Persib menjadi salah satu tim dengan kemampuan mencetak gol paling buruk. Dari 18 tim peserta Liga 1, Persib berada di posisi 4 terbawah, jika berbicara soal kemampuan mencetak gol. Persib hanya mampu menjaringkan 39 gol sepanjang musim 2017 dengan 113 shoot on target. Tim degradasi Persiba Balikpapan bahkan 2 gol lebih baik dari Persib.

Hanya satu hal positif saja yang di miliki Persib selama mengarungi Liga 1 2017 lalu, yakni soal kemampuan bertahan. Persib menjadi terbaik kedua pada persoalan kemampuan bertahan ini. Dari 37 laga, Persib hanya kebobolan sebanyak 34 kali. Dari jumlah itu, 12 laga diantaranya berhasil clean sheet.

Namun yang menyesakan adalah pertahanan terbaik diraih oleh ‘arc enemy’ Persib, yaitu Persija Jakarta yang hanya kebobolan sebanyak 24 kali. Persija pun menjadi satu-satunya tim yang hanya kebobolan di bawah 30 gol.

Untuk pemain sendiri, Maitimo menjadi pencetak gol terbanyak dengan 9 gol, disusul Essien dan Billy dengan 5 gol. Dalam hal umpan-mengumpan, Matsunaga bersama Ezechiel menjadi pengumpan terbanyak dengan 5 assist. (anka)*