Senin, 25 Maret 2019 15:27

Gali Potensi Sepakbola di Cimahi, Tjimahi FC Gelar Seleksi U-23 untuk Pembentukan Tim Semi Pro

Reporter : Permana
Tim seleksi Tjimahi FC (kiri-kanan): Agus Solihin (wakil manajer), Kang Ebod dan Tedi Sumpena (manajer).
Tim seleksi Tjimahi FC (kiri-kanan): Agus Solihin (wakil manajer), Kang Ebod dan Tedi Sumpena (manajer). [limawaktu]

Limawaktu.id - Dalam rangka pembentukkan tim sepakbola Semi Pro, Tjimahi Football Club menggelar seleksi pemain usia 23 tahun. Seleksi dilakukan dua tahap, bertempat di lapang Pusdikpom Cimahi.

Tahap pertama berlangsung Minggu, 17 Maret 2019, yang diikuti sekira 80-an pemain yang berasal dari daerah Cimahi dan sekitarnya. Dari tahap pertama ini sudah terpilih sebanyak 25 pemain.

Kemudian, tahap kedua berlangsung Minggu, 24 Maret 2019, yang memilih 10 pemain terbaik dari 25 pemain yang lolos seleksi tahap pertama. Sehingga, saat ini sudah terpilih 10 pemain terbaik.

Rencananya kesepuluh pemain ini akan kembali diseleksi, bersamaan dengan pemain-pemain baru hasil seleksi tahap ketiga. Menurut Tedi Sumpena, manajer tim sekaligus kordinator seleksi Tjimahi FC U-23, proses seleksi tahap berikutnya sedang dalam proses penggodogan.

Karena ada dua pilihan proses seleksi tahap ketiga ini, yakni seleksi sistem tertutup dan seleksi melalui turnamen sepakbola yang digelar Tjimahi FC. Lebih lanjut Tedi menjelaskan, sistem seleksi tertutup dilakukan melalui proses pemantauan tim pelatih yang dibentuk khusus untuk merekomendasikan pemain-pemain hasil pantauannya untuk kemudian diikutsertakan dalam proses seleksi tahap ketiga.

Tim seleksi Tjimahi FC: Kang Ebod (kiri) sedang berdisksusi dengan tim pelatih.

Sedangkan sistem kedua melalui digelarnya turnamen, yang melibatkan klub-klub sepakbola di Cimahi dan sekitarnya. Melalui turnamen ini diharapkan akan terpilih pemain-pemain yang siap pakai, sesuai kebutuhan tim Tjimahi FC. Namun untuk proses seleksi melalui turnemen ini membutuhkan waktu minimal 10 hari hingga dua pekan.

“Masih kita pertimbangkan mana yang terbaik dan paling efektif. Dalam waktu dekat ini akan segera diputuskan bersama Kang H. Ebod, selaku pembina Tjimahi FC, ” jelas Tedi. Kang Ebod selaku pembina sekaligus penanggungjawab seleksi pemain U-23 Tjimahi FC mengungkapkan, seleksi ini diprioritaskan untuk pemain batas usia 23 tahun yang berdomisili di Kota Cimahi.

Persyaratan lainnya, tinggi badan minimal 170 cm dan tidak terikat dengan klub prosfesional. “Diharapkan, nantinya akan terbentuk tim sepakbola yang tangguh, dengan postur pemain yang ideal di Cimahi. Paling utama adalah para pemainnya murni berasal dari Kota Cimahi, ” ungkap pengusaha asal Cimahi, yang juga pemerhati sepakbola nasional ini.

Setelah terbentuk tim yang ditargetkan berjumlah 25 pemain, nantinya akan diproyeksikan mengikuti sejumlah turnamen di wilayah Cimahi dan sekitarnya. Sedangkan untuk target jangka panjang, Tjimahi FC kedepannya bisa mengikuti kompetisi profesional dan membentuk tim tingkatan usia, setelah terdaftar di PSSI Askot Cimahi maupun PSSI Asprov Jabar. (hra)*

Baca Lainnya