Sabtu, 16 September 2017 13:09

Formi Kota Cimahi Dilantik, Ini Harapannya

Reporter : Fery Bangkit 
Pelantikan FORMI Kota Cimahi
Pelantikan FORMI Kota Cimahi [limawaktu doc]

CIMAHI, limawaktu.id - Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam berolahraga menjadi harapan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Cimahi.

Harapan itu tercetus dalam acara Pelantikan Pengurus FORMI Kota Cimahi Periode 2017-2022 di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jln. Djulaeha Karmita, Sabtu (16/9/2017).

Ketua FORMI Kota Cimahi, Enang Sahri mengatakan, saat ini tingkat partisipasi masyarakat Kota Cimahi tercatat baru mencapai 16%, dari total penduduk yang mencapai 600 ribu jiwa.

"Kita coba partisipasi masyarakat meningkat. 5 (lima) tahun ke depan harus di atas 20 persen," ujarnya saat ditemui usai acara pelantikan, Sabtu (16/9/2017).

Menurutnya, target peningkatan tersebut cukup realistis, jika melihat taraf kesibukan masyarakat saat ini.

FORMI, kata dia, sebagai wadah untuk olahraga rekreasi, untuk memfasilitasi masyarakat mendorong agar hidup sehat, melalui kegiatan berolahraga.

"Angka harapan hidup Cimahi tinggi, di atas rata-rata. Tapi harus berkualitas, dengan cara hidup sehat dan didalamnya ada olahraga," kata Enang.

Sekretaris FORMI Jawa Barat, Sigit Pramono menambahkan, Kota Cimahi akan memberikan kontribusi besar dalam pembinaan kebugaran masyarakat. "Dengan olah raga semua masyarakat akan bisa menjaga kesehata. Lanjutannya, tingkat kesehatan masyarakat di Cimahi akan meningkat," ujar Sigit.

Dia optimis dengan pengurus baru FORMI ini, akan membidangi induk-induk olah raga yang ada di Kota Cimahi.

"Hampir semua olah raga ada di Cimahi. FORMI sebagai pembina memberikan koridor supaya gerakan olah raga betul-betul bermanfaat menjaga kesehatan," katanya.

Perihal ketersediaan lahan untuk berolahraga, diakui Sigit itu menjadi persoalan. Namun, hal tersebut bisa diatasi, mengingat olah raga merupakan hal yang sederhana.

"Olah raga rekreasi ini fleksibel, bisa dilaksanakan dimana saja. Tidak perlu ruang spesial," tandasnya. (kit)

Berikut ini ruang lingkup Olahraga Rekreasi yang dinaungi FORMI:

1. Olahraga Massal

2. Olahraga Tradisional

3. Olahraga Khusus

4. Olahraga Tantangan.

Baca Lainnya