Rabu, 25 Agustus 2021 13:43

Ebod Jaya Cup Soccer Tournament: Pencarian Bakat Pesepakbola Usia Muda

Reporter : Permana
Logo Ebod Jaya Cup 2021 Soccer Tournament yang digelar pada 21-29 Agustus 2021.
Logo Ebod Jaya Cup 2021 Soccer Tournament yang digelar pada 21-29 Agustus 2021. [istimewa]

Limawaktu.id - Komitmen Kang Ebod, sapaan akrab H. Makhfudz Solaiman selaku owner Ebod Jaya FC Cimahi, dalam memajukan sepakbola nasional dibuktikan dengan turut aktif dalam pembinaan usia dini. Pembinaan sejak dini yang berjenjang diakui cukup ampuh dalam upaya mencetak pesepakbola profesional yang berkualitas.

Melalui dibukanya Ebod Jaya Football Academy atau sekolah sepak bola (SSB) setahun lalu, Kang Ebod berharap bisa menampung potensi bakat-bakat muda di Cimahi dan Bandung Raya.

Dalam rangka memperingati satu tahun usia Football Academy Ebod Jaya, Kang Ebod bersama manajemen Ebod Jaya FC yang dinahkodai coach Tedi Sumpena, menggelar turnamen sepakbola Ebod Jaya Cup. Turnamen ini digelar mulai Sabtu (21/8/2021) hingga Minggu (29/8/2021), yang bertempat di lapang Pusdikjas Kodiklat TNI AD Cimahi.

Suasana pertandingan kelompok usia 13 tahun, di lapang Pusdikjas Cimahi. (limawaktu.id)

Turnamen sepakbola kelompok usia muda ini dikhususkan untuk klub-klub sepakbola anggota Askot/Askab yang berada dibawah naungan Asprov Jawa Barat.

"Selain dari Bandung Raya, peserta juga ada dari luar kota, seperti Majalengka, Cianjur dan Jabodetabek," ungkap Tedi Sumpena, yang bertindak selaku ketua penyelenggara.

Tedi menambahkan, turnamen ini dibagi sesuai kelompok usia, yakni mulai U-10, U-11, U-13, U-15 dan U-17. Masing-masing kelompok usia digelar selama dua hari pertandingan. Untuk U-10 dan U-11 digelar Sabtu-Minggu (21-22/8), kemudian U-13 Senin-Selasa (23-24), U-15 Rabu-Kamis (25-26/8) dan terakhir U-17 Sabtu-Minggu (28-29/8).

Coach Tedi Sumpena (kiri) dan Kang Ebod. (istimewa)

 

Masing-masing kelompok usia terdiri dari 12 klub yang dibagi menjadi 4 grup, sehingga per grup diisi 3 klub, dan masing-masing klub bermain 2 kali dalam sehari. Pertandingan dilaksanakan mulai pagi hingga sore setiap harinya.

"Setiap kelompok umur kejuaraan langsung beres dalam dua hari dan langsung dibagikan piala dan hadiahnya," tambahnya.  

Turnamen ini digelar dimasa pandemi COVID-19, oleh karenanya panitia memperketat penyelenggaraan. Tidak terbuka untuk umum, hanya tim peserta dan keluarga yang bisa menyaksikan pertandingan. Selain itu, penerapan prokes juga diberlakukan.

Baca Lainnya