Minggu, 3 Juni 2018 21:35

Dojo Vira Prakasa Yudha Obsesi Menuju Olimpiade

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Dojo Vira Prakasa Yudha dan Sawa Dojo, perkumpulan olah raga karate Kushin ryu Karatedo Indonesia ingin para atlet binaannya bisa tampil di ajuang olimpiade. Hal itu mengemuka, saat digelarnya Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Dojo Vira Prakasa Yudha dan Sawa Dojo bersama anak yatim dan dhuafa di Hotel Haris Ciumbulueit Kota Bandung, Sabtu (2/6).

Pelatih Dojo Dojo Vira Prkasa Yudha dan Sawa Dojo yang juga mantan juara dunia lima kali berturut-turut Sensei Sawanori Matsuzaki mengungkapkan, pihaknya melatih para karateka mulai dari nol hingga mampu menjadi juara, khususnya di Jawa Barat.

Baca Juga : Sejarah Singkat Vira Prakasa Yudha Sawa Dojo Hingga Asa Menggapai Kejuaraan Karate Dunia

"Dari delapan kelas yang ada enam kelas diantaranya menjadi juara di ajang kompetisi khusunya Jawa Barat," ungkap Sawanori, disela kegiatan buka puasa bersama.

Dikatakannya, dojo yang dilatihnya sengaja menerima para siswa dari nol untuk dilatih menjadi seorang karateka, seperti layaknya sebuah sekolah yang siswanya keluar dan masuk. Pengembangan olahraga karate Kushin ryu di Indonesia ini sudah berjalan sekitar lima tahun lalu.

"Kami sengaja melatih para karateka mulai dari nol yang sebelumnya tidak bisa berolahraga karate, kami ingin ada atlet yang bisa menembus Olimpiade, bahkan sudah ada yang ikut di Asian Games mendatang, " jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pembinaan Olahraga TNI AD Kolonel Infanteri Aminudin mengungkapkan, sudah tiga tahun pihaknya bekerjasama untuk mengembangkan olahraga ini di lingkungan anggota TNI AD.

Selain anggota TNI, pihaknya juga menerima siswa untuk berlatih karate dari lingkungan umum, termasuk kaum dhuafa.

"Silakan jika ada warga masyarakat yang ingin ikut bergabung di dojo kami. Untuk Sawa Dojo sudah diresmikan di Disjas TNI AD," pungkasnya.

Baca Lainnya