Rabu, 18 Oktober 2017 18:12

Bangkitnya Sepak Bola Cimahi Perlu Dukungan Pemerintah

Reporter : Fery Bangkit 
PSKC Kota Cimahi foto bersama di Pendopo.
PSKC Kota Cimahi foto bersama di Pendopo. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pelatih Persatuan Sepak Bola Kota Cimahi (PSKC), Robby Darwis menyebutkan, sepak bola di Cimahi sudah lama tertidur.

Untuk itu, mantan pemain Persib Bandung tahun 90-an tersebut meminta seluruh elemen pemerintah dan masyarakat mendukung PS Kota Cimahi dalam perhelatan sepak bola nasional.

Baca Juga : Menjuarai Liga 3 Wilayah Jabar, Inilah Kunci Sukses PSKC Kota Cimahi

"Ini Cimahi saya rasa sudah terlalu lama  tidak ada prestasinya. Jangan kalah sama Lamongan, Sidoarjo dan Kediri mereka itu tinggal di Kota-kota kecil juga, tapi bisa main di Liga 1 dan 2," ujar Robby, Rabu (18/10/2017).

Saat ini, sambung Robby, sudah ada pemerkarsa yang membuat bangkit Cimahi bahkan bisa sampai menjuarai satu liga 3, regional Jawa Barat.

"Meski persiapan kita cuma beberapa bulan,  tapi saya lihat prospek ke depannya bagus," ucapnya.

Robby pun meminta agar semua elemen masyarakat dan pemerintah dapat mendukung SepakBola Cimahi agar mampu meraih prestasi di tingkat nasional.

"Sarana prasarananya juga harus dibenahi seperti lapangan dan messnya. Mudah-mudahanlah dengan hasil seperti ini ke depannya kita bisa melejit bersaing di tingkat nasional," katanya.

Sementara itu, Ketua PS Kota Cimahi menilai, minimnya pembinaan sepakbola usia dini di Kota Cimahi membuat Persatuan Sepak Bola Kota Cimahi (PS KC) terpaksa mendatangkan mayoritas pemainnya dari luar Kota Cimahi.

Dikatakannya, secara umum di Cimahi ada 40 club yang bisa memberikan support untuk PS KC. Namun, kata Edi, dari 40 club yang ada itu pembinaannya masih sangat kurang.

"Terbukti sekarang kita banyak menggunakan pemain yang bukan warga Cimahi, tapi ke depan kita ingin minimal 50 persennya harus warga asli Cimahi dengan meminta Koni dan Askot untuk meningkatkan pembinaan," ujar Edi.

Saat ini PS KC Cimahi sudah berhasil menjuarai Liga 3 regional Jawa Barat usai mengalahkan Maung Anom lewat adu penalti.

Pelatih PSKC, Robby Darwis mengatakan, kemenangan tersebut bisa menjadi awal untuk kebangkitan sepak bola Cimahi. (kit)*

Baca Lainnya