Senin, 18 Desember 2017 12:26

Atraksi Pencak Silat Warnai Reses Dewan Cimahi

Reporter : Bubun Munawar
Atraksi Pencak Silat Warnai Reses Dewan Cimahi
Atraksi Pencak Silat Warnai Reses Dewan Cimahi [limawaktu]

Limawaktu.id,- Atraksi pencak silat mewarnai pelaksanaan reses anggota DPRD kota Cimahi asal Fraksi Gerindra Barkah Setiawan. Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab. Tujuannya membangkitkan kembali kecintaan terhadap budaya khususnya pencak silat yang memiliki banyak nilai untuk masyarakat.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi ini memandang, sudah jarang yang memikirkan tentang kebaradaan budaya, padahal dalam silat banyak nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Pencak Silat merupakan bagian dari budaya bangsa yang perlu kita lestarikan dan kembangkan, karena dalam pencak silat ada nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi masyarakat, makanya saya sekarang sedang membina warga disini dalam perguruan Satria Gajah Mandiri, “ ungkapnya, saat Reses yang digelar di Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan, pada Minggu (17/12) siang.

Sementara, Sesepuh Paguron Satria Gajah Mandiri, Deden Rusli mengatakan, bersama para tokoh silat yang ada di Kelurahan Cibeber dan sekitarnya mencoba menularkan virus kecintaan kepada silat untuk anak-anak remaja dan dewasa agar mau mendalami seni beladiri asli Indonesia ini.

“Saya coba mereka ajarkan gerakan silat baik yang berupa olahraga atau ibing silat supaya mereka memiliki kemampuan untuk menjadi pesilat yang handal, sekaligus membekali mereka dengan ilmu bela diri ini. Kami berharap paguron ini bisa menjajal kemampuan dalam pasanggiri,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Cimahi Hendra Saputra memberikan apresiasinya terkait dengan pengembangan seni bela diri pencak silat, khususnya yang dilakukan oleh anggota DPRD asal Fraksi Gerindra H. Barkas Setiawan.

Menurut Hendra, eksistensi pencak silat sebagai bagian dari budaya bangsa harus tetap lestari, dengan melakukan pembinaan dan pengembangan kepada generasi muda supaya mencintai budayanya sendiri.

“Saya sangat apresiasi dengan kegiatan seperti ini, selain melakukan reses juga ada usaha untuk mememlihara budaya bangsa,” pungkasnya. (bun)

Baca Lainnya