Kamis, 12 Oktober 2017 21:30

2015 Bangkit, Saatnya Sepakbola Cimahi Unjuk Prestasi

Olahraga Askot PSSI Kota Cimahi
Endang Black, Exco Askot PSSI Cimahi, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi sepakbola Kota Cimahi.
Endang Black, Exco Askot PSSI Cimahi, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi sepakbola Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Menyoal perkembangan sepakbola di Kota Cimahi, Exco Askot PSSI Kota Cimahi, Endang Black, menyatakan jika persepakbolaan Kota Cimahi kini sedang bergairah. Pernyataan ini disampaikannya di sela-sela latihan tim sepak bola Porda Kota Cimahi, di lapangan sepak bola Pusdik Jas, Baros, Cimahi, Selasa (10/10/2017) sore.

Endang menceritakan bagaimana sepak bola Cimahi yang sebelumnya tidur lelap selama belasan tahun. Namun, sejak terbentuknya kepengurusan Askot PSSI Kota Cimahi pada tahun 2015, persepakbolaan Kota Cimahi berubah total dan mampu bangkit dari keterpurukan. 

“Alhamdulillah, Persepakbolaan Cimahi bangkit sejak 2015. Kompetisi pun mulai berjalan, termasuk juga Askot PSSI Kota Cimahi yang berjalan sekarang,” ucap Endang Black.

Tim Porda Cimahi.
Tim Porda Cimahi. [Limawaktu]

Endang menyampaikan bahwa sebelumnya sepak bola dan olahraga Cimahi secara keseluruhan tidak mendapatkan perhatian sama sekali. Tapi, sejak kepengurusan baru dan kehadiran Exco, juga disertai kepengurusan baru di KONI Cimahi, persepakbolaan Cimahi telah menemukan babak baru yang jauh lebih menjanjikan.

Hal ini pun dapat dibuktikan melalui berbagai prestasi yang ditoreh oleh Askot PSSI Cimahi. Diantaranya, PSKC Kota Cimahi berhasil menjadi juara Wilayah Jawa Barat pada kompetisi Liga 3 dan berhak bermain di Liga 3 Nasional. Selain itu PSKC dan tim junior juga mampu meraih babak 8 besar di piala Soeratin dan Haornas.

Untuk aspek kompetisi pun, kini telah hadir kompetisi-kompetisi internal yang mana sebelum kepengurusan baru tidak pernah ada kompetisi sejenis. Saat ini kompetisi internal Askot PSSI Cimahi tengah digelar di Stadion Sangkuring.

Bahkan, untuk perangkat pertandingan pun, seperti perwasitan,  pihak Askot PSSI Cimahi sudah mengadakan penataran. Peserta penataran pun bukan hanya datang dari Cimahi saja, tetapi ada dari kota lain juga.

Endang juga menceritakan jika sebelum tahun 2015, Askot PSSI kota Cimahi tidak memiliki sekretariat. Namun berkat kegigihan pengurus serta mendapat bantuan dari KONI Cimahi, pada akhirnya Askot PSSI Cimahi memiliki sekretariat yang letaknya berada di GOR Sangkuriang.

“Salah satu masalah besar PSSI Cimahi selama ini adalah tak punya sekretariat sama sekali. Alhamdulillah, setelah mendapatkan fasilitas dari KONI, kami akhirnya punya sekretariat,” ungkap Endang.

Kini, Endang berharap agar persepakbolaan Cimahi akan semakin berkembang, baik dari segi prestasi ataupun aspek-aspek lainnya. (anka)*