Minggu, 17 Desember 2017 17:57

15 Ribu Pesenam di Cimahi Mengukir Sejarah

Reporter : Fery Bangkit 
15 ribu pesenam se-Jawa Barat memecahkan rekor dunia 'Gerakan Senam Silat Jantung Sehat' yang digelar di Pusdik Armed, Kota Cimahi, Minggu (17/12)
15 ribu pesenam se-Jawa Barat memecahkan rekor dunia 'Gerakan Senam Silat Jantung Sehat' yang digelar di Pusdik Armed, Kota Cimahi, Minggu (17/12) [limawaktu]

Limawaktu.id, - Sejarah baru tercipta di Kota Cimahi. Minggu (17/12/2017) di Lapangan Pusdik Armed, Jalan Raya Baros, sekitar 15 ribu pesenam se-Jawa Barat berkumpul untuk memecahkan rekor dunia 'Gerakan Senam silat jantung sehat'.

Berdasarkan pantauan, para pesenam yang didominasi ibu-ibu mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB. Mereka langsung berkumpul di lapangan.

Baca Juga : 15 Ribu Orang Siap Pecahkan Rekor Dunia Senam Silat di Cimahi

Pukul 08.30 WIB, dengan iringan lagu daerah Jawa Barat 'Sabilulungan', barulah acara pemecahan rekor dimulai. Semua pesenaam kompak memeragakan perpaduan senam dengan pencak silat. Hadir pula Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dalam acara tersebut.

Setelah gerakan senam silat dilakukan selama 2x4 menit, kemudian piagam rekor diberikan oleh ORI dan Record Holder Republic Registry (RHR). Ketua Yayasan Asih Putera dan Wali Kota Cimahi didaulat menerima pengharghaan.

Baca Juga : Lagu Sabilulungan Bakal Iringi Pemecahan Rekor Dunia Senam Silat

Ketua Yayasan Asih Putera, Adang Kosasih mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar pemecahan rekor saja, melainkan ada nilai-nilai kebudayaan yang akan terus dilestarikan di Indonesia, khususnya di Kota Cimahi.

"Tidak hanya sekedar rekor, kita akan mengembangkan. Salah satunya adalah pencak silat, warisan leluhur kita," ujar Adang, yang juga merupakan Ketua Badan Pelaksana Klub Jantung (BPKJ) Cimahi.

Ke depan, kata dia, pihaknya akan coba untuk mengembangkan terus perpaduan senam dengan silat ini, khususnya di Kota Cimahi.

Sementara itu, Ketua ORI Agung Elvianto mengatakan, gerakan senam dipadukan dengan silat ini merupakan sejarah baru di Indonesia, bahkan dunia."Kami dari ORI memberikan apresiasi kegiatan tersebut. Rekor ini yang menariknya ialah ada gerakan pencak silat didalamnya," ucap Agung. (kit)

Baca Lainnya