Sabtu, 23 Desember 2023 13:52

Wapres Ingatkan Pengguna Jalan Utamakan Keselamatan saat Libur Nataru

Reporter : Bubun Munawar
Wapres KH Ma’ruf Amin meresmikan empat masjid di Rest Area “Travoy
Wapres KH Ma’ruf Amin meresmikan empat masjid di Rest Area “Travoy" KM 66A Pandaan-Malang, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023). [BPMI/Setwapres]

Limawaktu.id, Pasuruan - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), antusias masyarakat menggunakan kendaraan untuk pulang kampung (mudik) dan berwisata ke berbagai daerah meningkat. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengingatkan agar keselamatan berlalu lintas di jalan harus senantiasa menjadi prioritas.

"Seperti kita ketahui bahwa kalau Nataru atau hari raya Idul Fitri itu banyak orang mudik. Oleh karena itu, saya ingatkan supaya hati-hati di jalan, biasanya banyak terjadi kecelakaan, karena lelah dan ngantuk, [atau] ingin cepat-cepat sampai," ujar Wapres dalam keterangan persnya, Sabtu (23/12/2023).

Selain terus berhati-hati dalam berkendara, Wapres juga mengingatkan para pengendara untuk segera beristirahat di rest area terdekat apabila merasa lelah dan ngantuk.

"Saya ingatkan supaya jalan sewajarnya dan jangan sampai ngantuk. Kalau perlu istirahat dan di tempat istirahat, salat dulu ya jangan lupa, kan sekarang ada masjid, di semua rest area ada masjid,” imbau Wapres.

“Sekarang saja saya meresmikan empat masjid, [selain bisa] untuk mengistirahatkan [tubuh], tapi juga mungkin untuk ibadah," imbuhnya.

Lebih jauh, pada kesempatan ini, Wapres juga menekankan pentingnya mempersiapkan kendaraan dengan baik sebelum melakukan perjalanan.

“Bagi para [pemudik] supaya jangan menggunakan kendaraan-kendaraan yang kurang sehat. Kalau pulang bawa mobil, harus dipastikan dulu mobilnya sehat, jangan sampai bannya gundul," tutur Wapres.

“Itu berbahaya sekali, kecepatan tinggi [tetapi] bannya gundul. Itu potensi kecelakaannya tinggi,” tambahnya mengingatkan.

Baca Lainnya