Selasa, 12 Desember 2017 18:12

Unit K-9 Dilatih Keterampilan Khusus

Latihan Unit K-9 untuk menangani pengendalian massa.
Latihan Unit K-9 untuk menangani pengendalian massa. [limawaktu.id]

Limawaktu.id,– Unit k-9 (Canine/homophone dari anjing) merupakan sebutan untuk anjing yang digunakan kepolisian yang dilatih khusus untuk membantu polisi dalam penegakan hukum. Oleh karena itu, Satuan shabara Polres bandung melakukan pelatihan peningkatan kemampuan personilnya dalam mengemban fungsi Sabhara khususnya Unit K-9.

Kepala Satuan Sabhara Polres Bandung AKP Kusbudi Effendi mengatakan, pihaknya dengan sengaja melakukan pelatihan K-9, untuk meningkatkan kemampuan K-9 tersebut pada saat dilapangan. Dalam kegiatan pelatihannya tersebut Kusbudi menunjukan beberapa keterampilan khusus yang dimiliki oleh Unit K-9 Polres Bandung.

Menurutnya, salah satunya yaitu untuk menangani bagian pengendali massa (dalmas), yakni anjing di bagian ini memiliki temperamental yang cukup tinggi namun memiliki obedience/kepatuhan yang tinggi karena anjing ini akan dikerahkan ikut langsung di belakang pasukan huru hara.

“Pelatihan ini pun tak lain untuk menunjang pelaksanaan tugas tugas kepolisian di lapangan, seperti melaksanakan pelatihan untuk pencarian tersangka, penangkapan, pengejaran, pencarian barang bukti dan pencarian mayat serta deteksi bahan peledak (Handak), bom dan narkotika," pungkas Kusbudi saat diwawancara di Lapangan mapolres Bandung Soreang, Selasa (12/12) sore. (lie)

Baca Lainnya