Jumat, 25 Oktober 2019 14:36

Unik, Pedagang di Tangkuban Parahu Punya Mata Berwarna Hijau

Reporter : Fery Bangkit 
Ade Nurjaman (35) seorang pedagang Di TWA Yang Memiliki Bola Mata Unik
Ade Nurjaman (35) seorang pedagang Di TWA Yang Memiliki Bola Mata Unik [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Gunung Tangkuban Parahu bukan hanya soal keindahan panorama alamnya. Tapi dibalik itu semua ada keunikan yang ditawarkan dari Taman Wisata Alam (TWA) yang terletak di antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang itu.

Keunikan itu datang dari salah seorang pedagang yang sehari-hari berjualan di TWA Gunung Tangkuban Parahu. Namaunya Ade Nurjaman. Pria berusia 35 tahun itu memiliki bola mata yang unik. Matanya berwarna hijau safir tua dengan pupil dan ujung sklera berwarna hitam. Ade mengatakan, kondisi itu telah terjadi sejak pertama kali ia dilahirkan di Cisalak, Kabupaten Subang.  "Kata orang tua sudah dilahirkan seperti ini sejak lahir," ujar Ade saat ditemui, Jumat (25/10/2019).

Mata berwarna hijau safir tua dengan pupil dan ujung sklera berwarna hitam

Sejak kecil, Ade tak begitu memperhatikan warna bola matanya. Kendati demikian, banyak kerabat dan teman bermainnya yang kagum dengan warna bola mata yang dimilikinya. "Banyak yang bilang mata saya bagus, tapi saya anggap itu cuma bercanda saja," ujarnya.

Ade merupakan anak bungsu dari lima bersaudara, semua kakaknya memiliki bola mata berwarna hitam. Begitu pun dengan kedua orang tuanya. "Orang tua juga warnanya hitam. Namun katanya, leluhur punya bola mata yang sama," terang Ade..

Saat ini, Ade telah memiliki dua orang putra dari buah pernikahannya dengan Nurani (30). Awal kelahiran, anak-anaknya memiliki bola mata berwarna abu. Tapi setelah beberapa tahun kemudian bola mata anaknya menjadi coklat terang.

Ia pernah memeriksakan matanya ke Rumah Sakit Mata Cicendo, Kota Bandung. Dari hasil pemeriksaan, matanya memiliki fungsi normal. Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai pedagang aksesoris mengaku punya pengalaman berkesan saat menjajakan dagangannya.

Saat itu, ketika menawarkan dagangannya kepada seorang wisatawan asal Malayasia, ada yang menawar mata uniknya seharga Rp 1 miliar "Tapi saya anggap hanya bercanda saja," ucapnya. Ia berharap, anugerah dari tuhan yang diberikan kepadanya bisa membawa berkah. "Banyak pembeli juga yang penasaran dengan mata yang saya miliki," tandasnya. 

 

Baca Lainnya