Kamis, 31 Maret 2022 12:56

Tradisi Mapag Ramadan RW 13 Setiamanah Tunjukan Sikap Gotong Royong

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Solidaritas dan kepedulian antar warga mewarnai penyambutan bulan Ramadan 1443 Hijriyah  ditunjukan pengurus RW 13 Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Pasalnya, tidak semua warga masyarakat memiliki kemampuan finansial dalam menghadapi tibanya bulan Ramadan, karenanya untuk membantu warga sekitarnya, pengurus RW 13 Kelurahan Setiamanah menggelar kembali tradisi ‘Mapag Ramadan’ dengan santunan dan pembagian paket sembako bagi warga yang masih memerlukan bantuan.

Menurut Ketua RW 13 Kelurahan Setiamanah  Joko Radi, tahun ini merupakan ketujuh kalinya dilakukan tradisi mapag Ramadan, dengan memberikan bantuan uang dan paket sembako yang dihimpun dari para donator baik bulanan ataupun tahunan. Untuk tahun ini terjadi penurunan penerima manfaat,  semula ada 70 Kepala Keluarga yang mesti dibantu, tahun ini menurun menjadi 22 orang saja.

“Kagiatan ini kami laksanakan untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut dan Alhamdulillah terjadi penurunan penerima manfaat dari 70 KK menjadi 22 KK saja,” terangnya, disela kegiatan Mapag Ramadan, Rabu (30/3/2022).

Dia menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat ini dihimpun  dari para donator di RW 13 yang memberikan bantuannya baik secara bulanan ataupun tahunan. Menurunya penerima manfaat tahun ini dikarenakan pihaknya melakukan kegiatan usaha sehingga bisa mendongkrak kesejahteraan warga.

“Kami bekerjasama dengan Dompet Dhuafa untuk mendapatkan bantuan tanpa bunga membuat kegiatan usaha,” jelasnya.

Anggota DPRD Kota Cimahi asal Fraksi PDIP Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh pengurus RW 13 Kelurahan Setiamanah dalam menyambut bulan Ramadan dengan melakukan gotong royong diantara warga untuk membantu tetangganya yang masih memerlukan bantuan tanpa uluran tangan pemerintah.

“Harapannya semoga apa yang dilaksanakan oleh pengurus RW 13 ini menjadi inspirasi bagi RW lainnya di Kelurahan Setiamanah ataupun Kota Cimahi agar bisa bergotong royong membantu tetangganya yang masih memerlukan bantuan, “ katanya.

Hal senada disampaikan Camat Cimahi Tengah Tri Lospala. Dia menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh RW 13 Kalurahan Setiamanah ini, karena merupakan kegiatan mulia untuk membantu sesam menjelang tibanya Bulan Ramadan tahun ini.

“Semoga yang tahun ini masih perlu dibantu kedepannya bisa menjadi pihak yang membantu warga lainnya,” harapnya.

Penurunan penerima manfaat di tradisi Mapag Ramadan ini menunjukan terjadinya peningkatan lesejahteraan warga RW 13 Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah.

 

                                    

 

  

Baca Lainnya

Topik Populer