Senin, 5 November 2018 16:02

Tiga Wilayah Kumuh di Kelurahan Leuwigajah Ditata dengan Kotaku 

Reporter : Bubun Munawar


Limawaktu.id, - Tiga wilayah yang termasuk SK Kumuh di kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan, dilakukan penanganan agar lingkungan warga bisa lebih tertata. 

Anggota BKM Leuwigajah Sri Hendarti mengungkapkan, sesuai dengan SK Wali Kota Cimahi dari 20 RW di kelurahan leuwigajah, tiga diantaranya yaitu RW 08, RW 09 dan RW  20. Dengan hadirnya program dari Kementerian PUPR.  

Baca Juga : Kotaku Atasi Kekurangan Air Bersih dan Persoalan Sampah di Kelurahan Utama 

"Dengan Kotaku, tiga RW dilakukan penangannya seperti air bersih, jalan setapak dan kebersihan lingkungannya," ungkapnya, belum lama ini. 

Dikatakan Sri warga Kelurahan Leuwigajah menyambut positif adanya program Kotaku karena lingkungan mereka menjadi lebih baik dan lebih nyaman. 

Baca Juga : Mengkolaborasikan Peran Pemerintah dan Masyarakat Melalui Kotaku 

"Untuk pemeliharaannya, kami melakukan kerjasama antara BKM dan Masyarakat sehingga mereka ikut terlibat agar bisa lebih lama dimanfaatkan warga," ungkapnya. 

Pihaknya berharap, pada 2022  di kelurahan Leuwigajah sudah tidak ada lagi wilayah yang termasuk dalam SK Kumuh. 

Baca Juga : Kotaku Jadi Motivasi Warga Kelurahan Cigugur Tengah untuk Gotongroyong

Kepala Kelurahan Leuwigajah melalui Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Lingkungan Juanda mengungkapkan, awalnya pihak Kelurahan merasa malu dengan adanya SK kumuh di Kelurahan Leuwigajah.

Namun, adanya Kotaku hadir di kelurahan Leuwigajah bisa menjadikan wilayah di Kelurahan Leuwigajah bisa lebih baik.  
"Sejak 2017 ada program Kotaku di Kelurahan Leuwigajah, dengan kepadatan penduduk dan letak geografis serta urbanisasi mengakibatkan tiga RW di Kelurahan Leuwigajah menjadi wilayah kumuh," jelasnya. 

Dengan program Kotaku, masyarakat mendapatkan manfaat dari pemerintah. Pihaknya melakukan monitoring dengan melakukan pendekatan dengan pengurus wilayah terdekat dengan warga. 

"Kami tetap melakukan pemantauan kegiatan Kotaku ini," pungkasnya.

Baca Lainnya