Rabu, 8 November 2017 18:43

Terendam Banjir, Pengungsi Kesulitan Air Bersih

Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Kembali Kebanjiran
Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Kembali Kebanjiran [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sungai Citarum kembali Meluap, dikarenakan hujan terus menerus sejak Selasa (7/11) malam, meluapnya Sungai Citarum menyebabkan banjir di tiga wilayah Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot dan merendam pemukiman warga, jalan umum serta fasilitas sekolah.

"Sekarang mah siaga aja, soalnya hujan diperkirakan akan terus terjadi," ujar Pepen (50) warga Kampung Bojong Asih, Desa Dayeuhkolot, Rabu (8/11/2017).

Menurutnya, salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah tersebut karena aliran sungai Citarum yang sudah dangkal. Selain itu, masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah ke Sungai Citarum. Katanya, beberapa orang yang rumahnya terendam parah mengungsi di Kantor Desa Dayeuhkolot.

Ia menambahkan, tiap banjir terjadi para pengungsi mengaku seringkali kesulitan memperoleh air bersih. Dirinya menambahkan, pihaknya mendukung jika warga di daerah tersebut direlokasi asal mendapatkan ganti rugi yang jelas.

"Kami siap direlokasi asalkan dapat ganti rugi. Kenapa warga membuang sampah ke sungai, dikarenakan fasilitas tempat pembuangan sampah sangat minim, seharusnya disetiap RT ada tempat penampungan sampah supaya masyarakat tidak lagi buang sampah ke sungai," ungkapnya.

Menurut pantauan, banjir terjadi sejak Rabu (8/11) sekitar pukul 01.00WIB, sehinga merendam ratusan rumah warga. Banjir diperkirakan akan terus terjadi mengingat kondisi cuaca yang terus mendung dan diperkirakan hujan kembali. Sebagian warga Dayeuhkolot dan Baleendah mengaku pasrah dengan kondisi tersebut dan berharap pemerintah segera mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi apabila musim penghujan. (lie).

Baca Lainnya