Kamis, 9 Mei 2019 14:47

Stok Kembali Melimpah, Harga Bawang Kating Turun Drastis 

Reporter : Fery Bangkit 
Bawang putih atau kating
Bawang putih atau kating [ferybangkit]

Limawaktu.id - Harga bawang putih atau kating di pasar tradisional Kabupaten Bandung Barat (KBB) turun drastis. Seperti yang terpantau di Pasar Panorama Lembang.

Awal Ramadhan lalu, harga bawang putih di sana mencapai Rp92.000/kilogram. Tapi dalam dua hari terakhir, harganya turun menjadi Rp42.000/kilogram.

Baca Juga : Cara Dispangtan Cimahi Tangkal Gejolak Harga di Pasar

Ana (48), salah seorang pedagang Pasar Panorama Lembang mengatakan, penurunan harga secara signifikan ini terjadi selama bertahap. Pada hari pertama Ramadhan (Senin, 6/5/2019), harga bawang putih mulai turun menjadi Rp.75 ribu perkilogram. 

Kemudian keesokan harinya berangsur turun menjadi Rp 60 ribu perkilogram, lalu Rp 50 ribu perkilogram pada hari ketiga Ramadhan (Rabu, 8/5/2019).  "Kalau sekarang dijualnya Rp 48 ribu perkilogram, harganya menurun hampir dua kali lipat daripada saat kemarin munggahan," ujar Ana, Kamis (9/5/2019).

Baca Juga : Jelang Puasa di Cimahi: Harga Daging Ayam Melejit, Pedagang Untung Sedikit

Di kiosnya, ia menjual bawang putih impor yang diambil dari Pasar Induk Caringin. Saat harganya mahal, stok bawang di pasar induk itu cuku langka. "Kalau sekarang melimpah, heran saya juga padahal impor bawang ini sudah lama," ujarnya.

Lukman (23), pedagang bumbu dapur di Pasar Panorama mengatakan, kendati harga bawang sempat melonjak tajam, namun, hal itu tak mempengaruhi penjualan hariannya. 

"Kalau misal pembeli butuh seperempat kilogram, ya dia tetap beli meski harganya mahal, tapi kadang suka ada keluhan sedikit," katanya.

Baca Lainnya