Selasa, 6 Juli 2021 13:19

Saat Pandemi Ibu Hamil Jangan Stres

Reporter : Wawan Gunawan
ibu hamil agar tidak membaca atau menonton hal-hal yang akan membuat pikiran stres ditengah kondisi COVID-19.
ibu hamil agar tidak membaca atau menonton hal-hal yang akan membuat pikiran stres ditengah kondisi COVID-19. [Alodoc]

Limawaktu.id,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi melalui Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Indah Gilang Indira mengimbau para ibu hamil agar tidak membaca atau menonton hal-hal yang akan membuat pikiran stres ditengah kondisi COVID-19. Sebab kondisi tersebut akan membuat imun turun.

"Jangan banyak baca berita seperti di Instagram, Tik tok, kan gak semuanya benar. Banyakin nonton yang senang-senang aja seperti drama Korea," kata Indah, Selasa (6/7/2021).

Selain menyaksikan hiburan yang bisa membuat ibu hamil senang, Indah juga mengingatkan agar selalu mengkonsumsi makananan dan minuman yang bergizi. Dari mulai buah-buahan hingga makanan yang mengandung protein.

"Selalu konsumsi makanan yang bergizi, sesuai panduan yang biasanya didapat ibu hamil," ujar Indah

Dia menyebutkan, Jumlah ibu hamil di Kota Cimahi hingga Mei 2021 mencapai 4.186 orang yang tersebar di 15 kelurahan. Jumlah tersebut tergolong cukup tinggi.

“ Untuk pemeriksaan khusus di Puskesmas, terang Indah, ditengah pandemi COVID-19 ini memang cukup terbatas. Apalagi kasus virus korona saat ini tengah melonjak,” terangnya.

Dikatakannya, Kebijakan yang diterapkan di Puskesmas di Kota Cimahi, kata dia, akan dilakukan saat trimester pertama dan terakhir dengan janji temu.

"Untuk pemeriksaan berikutnya via daring aja konsulnya. Kecuali kalau ada keluhan janjian dulu. Karena pelayanan tatap muka dibatasi, dibuat grup di medsos untuk memantau kesehatan ibu hamil dan bayi. Bukan hanya dari sisi kesehatannya. Pemberdayaan masyarakat juga sangat dibutuhkan," katanya.

Dia melanjutkan, jika ingin mengakses pelayanan kesehatan, disarankan untuk membuat janji terlebih dahulu. Kemudian, harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, jaga jarak dan tidak memaksakan keluar rumah. 

 

Baca Lainnya