Kamis, 26 April 2018 15:32

Puluhan Truk Digiring Polisi Masuk Rest Area 125, ini Tujuannya!

Reporter : Fery Bangkit 
Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi Menggiring  masuk Kendaraan ke dalam area Rest Area KM 125.
Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi Menggiring masuk Kendaraan ke dalam area Rest Area KM 125. [Limawaktu]

 Limawaktu.id - Puluhan kendaraan besar seperti Truk dan bus digiring Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi masuk ke dalam Area Rest Area KM 125, Cimahi pada Kamis (26/4/2018).

Setelah masuk ke dalam Rest Area, satu per satu kendaraan besar itu diperiksa dari segi Kelaikan kendaraan maupun kelaikan pengemudinya.

Pemeriksaan kendaraan kali ini dilakukan oleh Tim Terpadu, yakni Satlantas Polres Cimahi, Dinas Perhubungan Kota Cimahi dan Jasa Raharja.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, pemeriksaan kendaraan besar ini dilakukan dalam rangka Operasi Patuh 2018 dan cipta kondisi jelang bulan puasa.

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi Melakukan Pemeriksaan Kalaikan Kendaraan
Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi Melakukan Pemeriksaan Kalaikan Kendaraan. [Limawaktu]

"Sasarannya memang lebih banyak ke kendaraan besar. Terutama kelaikan kendaraan dan pengemudinya," kata Rusdy, Kamis (26/4/2018).

Dikatakannya, pemeriksaan kendaraan ini merupakan upaya preemtif dan preventif. Tujuannya, untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Namun, bila saat pemeriksaan ditemukan pelanggaran seperti kendaraan tidak laik jalan dan tidak melengkapi surat adiministrasi berkendara, maka akan dilakukan tindakan represif.

"Akan kita tindak sesuai dengan prosedur," ucap Rusdy.

Selain itu, lanjut Rusdy, pemeriksaan kelaikan pengemudi menjadi perhatian pihaknya. Selain dilakukan pengecekan kesehatan, para sopir yang terjaring juga dilakukan tes urine.

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi Melakukan Pemeriksaan Kelengkapan Kendaraan.
Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi Melakukan Pemeriksaan Kelengkapan Kendaraan.[Limawaktu]

"Hingga saat ini tidak ada yang positif mengandung barang berbahaya," terang Rusdy.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ruswanto berharap, setelah adanya pemeriksaan ini, semua kendaraan bisa memenuhi unsur kelaikan.

"Harapan kami, kenaaraan umum ini laik jalan, sehingga bisa meminimalkankecelakaan lalu lintsa," tandasnya.

 

Baca Lainnya