Jumat, 22 Maret 2024 17:04

Progres Pembangunan Portal Nasional Menunjukan Tren Positif

Penulis : Saiful Huda Ems (SHE)
Pembahasan progress Portal Nasional  dilakukan dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo dengan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas,  di Jakarta, Jumat (22/03/2024).
Pembahasan progress Portal Nasional dilakukan dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo dengan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Jumat (22/03/2024). [Humas Menteri PANRB]

Limawaktu.id, Jakarta - Pemerintah terus mempercepat implementasi layanan SPBE prioritas dengan membahas progres yang telah dilakukan oleh BUMN Peruri, tim Sinergi BUMN, dan stakeholder terkait. Pembahasan progres dilakukan dalam pertemuan bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Jumat (22/03/2024).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan progres pembangunan Portal Nasional menunjukan tren yang positif.

“Pak Wamen ini tadi memberikan update progres yang menggembirakan dan semoga ini bisa kita eksekusi dengan cepat,” ungkapnya.

Dijelaskan, Portal Nasional merupakan salah satu dari 9 layanan SPBE prioritas, yang menjadi fokus untuk dikembangkan oleh 'Govtech' Indonesia.  Percepatan pengembangan diperlukan dengan mendorong tiga gebrakan dalam waktu dekat. Pertama, perlu adanya kebijakan nasional mengenai pelaksana layanan identitas digital.

Selain itu, Kementerian PANRB dan instansi terkait akan berkoordinasi untuk membentuk tim kecil yang akan merumuskan nama, logo, dan branding ‘GovTech’ Indonesia agar lebih terstruktur. Selanjutnya adalah melakukan percepatan transformasi internal BUMN Peruri yang akan mengampu penugasan sebagai 'GovTech’ Indonesia.

Menteri Anas menyebut, targetnya pada bulan Maret hingga Agustus 2024 dilakukan integrasi dan interoperabilitas dari 9 layanan prioritas SPBE. Sembilan layanan prioritas tersebut adalah layanan kesehatan, layanan pendidikan, bantuan sosial, identitas digital berbasis data kependudukan, layanan Satu Data Indonesia, transaksi keuangan, Portal Nasional, layanan aparatur negara, hingga layanan kepolisian terutama SIM online dan perizinan keramaian.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan saat ini tim Sinergi BUMN dan BUMN Peruri sedang membangun antarmuka Portal Nasional yang nantinya akan menjadi sistem yang langsung melayani masyarakat. “Kita akan menggunakan API dari layanan digital yang ada di kementerian-kementerian. Nah kita harapkan ada percepatan dari proses pembangunan portal dan penggunaan API ini,” ungkapnya.

Selain fokus untuk mendukung membangun portal nasional, Kementerian BUMN juga fokus pada proses transformasi BUMN Peruri menjadi ‘GovTech’ Indonesia yang berkelas dunia. Ini dilakukan dengan membentuk task-force di Peruri, rekrutmen ahli digital, serta penguatan strategi komunikasi kepada pemangku kepentingan dan juga masyarakat.

 

Baca Lainnya