Kamis, 2 Januari 2020 9:19

Prilaku Buruk Buang Sampah Masih Terjadi Saat Malam Pergantian Tahun Baru

petugas kebersihan Saat  Bertugas Menyisir Sekitaran Jalan
petugas kebersihan Saat Bertugas Menyisir Sekitaran Jalan [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Sisa sampah malam pergantian Tahun Baru 2019 yang berhasil dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi diklaim tidak melebihi 1 persen dari hari biasa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan pada DLH Kota Cimahi, Usep Koswara mengatakan, timbulan sampah saat malam pergantian tahun di Kota Cimahi tahun ini memang tak mengalami peningkatan drastis dibanding hari biasa.

"Tidak begitu signifikan peningkatannya, kurang dari 1 persen. Hanya 1 mobil pick up kalau dipadatkan," kata Usep saat dihubungi via sambungan telepon, Rabu (1/1/2020).

sampah malam pergantian Tahun Baru 2019 yang berhasil dikumpulkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi

Dikatakannya, awalnya pihaknya menyiagakan tiga unit pick up untuk mengangkut sampah khusus perayaan tahun baru. Namun yang terpakai hanya satu unit kendaraan pick up saja.
 
"Sampahnya hanya 1 unit pick up kalau dipadatkan," ucap Usep.

Ia menerangkan, sampah-sampah itu didapat dari pusat keramaian yang merupakan titik-titik masyarakat tumpah ruah merayakan pergantian tahun baru. Seperti di Alun-alun Cimahi, Cimindi dan Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.

"Kebanyakannya sampah bekas jagung. Kemudian sampah rumah tangga juga ada," tutur Usep.

Hanya saja, ia menyayangkan masih adanya prilaku buruk masyarakat yang membuang sampah sembarangan. "Yang kami temukan itu, masyarakat duduk terus buang sampah di situ juga. Padahal tempat sampah sudah disediakan. Iya kita langsung imbau saja supaya enggak buang sampah sembarangan," pungkasnya.

Sebelumnya, DLH Kota Cimahi memang sudah menyiagakan 50 personel tambahan. Mereka dikerahkan saat malam pergantian tahun dan berbersinergi dengan petugas kebersihan tetap seperti Tim Kesana-kesini (Takesi) dan petugas kebersihan lainnya.

"Kita memang menambah 50 personel yang insidentil khusus tahun baru. Mereka menyisir sampah di pusat keramaian," jelasnya.

Dikatakan Ronny, petugas kebersihan tetap yang kerap membersihkan sampah di Kota Cimahi ada 174 personel. Jika diakumulasikan dengan personel tambahan, maka kekuatannya totalnya menjadi 224 personel. Mereka akan bersiaga menyapu sampah saat pergantian malam nanti baru.

 "Itu (personel) ditugaskan mulai jam 7 malam pergantian tahun baru sampai selesai. Nanti setelah mereka beres, nyambung ke petugas tetap," ujarnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer