Jumat, 16 Februari 2018 17:40

Posting Dear Dairy via Medsos ini Bisa Hasilkan Rupiah

Reporter : Fery Bangkit 
1st Steemit Mational Meetup Komunitas Steemit Indonesia (KSI) di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Jum'at (16/2/2018).
1st Steemit Mational Meetup Komunitas Steemit Indonesia (KSI) di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Jum'at (16/2/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Penulis asal Bireun, Banda Aceh, Purnama Setia Budi mengungkapkan, potensi pertumbuhan ekonomi dari media sosial cukup menjanjikan.

Hal itu dialaminya sendiri ketika mulai menuliskan dan memposting karyanya lewat medsos steemit.com sejak satu tahun lalu.

“Potensi ekonominya sangat besar sekali. Maka harapan saya, pemerintah bisa mendukung,” ujarnya saat ditemui disela-sela acara 1st Steemit National Meet Up Komunitas Steemit Indonesia (KSI) di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Jum'at (16/2/2018).

Namun, kata dia, hanya postingan-postingan karya yang positif saja yang akan mendatangkan pundi rupiah. Ia mencontohkan, selama ini ia kerap memposting perjalannya setiap hari melalui medsos tersebut. Hasilnya, karyanya itu diapresiasi banyak orang.

Meski tidak menyebut keuntungan yang ia dapat selama ini, namun ia memastikan bila hasil karya kreatif yang diposting melalui laman steemit.com akan mendapatkan reward.

“Allhamdulih saya bisa dapat keuntungan lebih,” kata Purnama yang juga berprofesi debagai dokter itu.

Selain bisa mendapatkan penghasilan, lanjutnya, akun medsos tersebut bisa membantu masyarakat yang kurang mampu. Pasalnya, komunitas yang tergabung dalam KSI bisa mendonasikan bagi orang yang tidak mampu.

“Harapan saya masyarakat bisa berinteraksi lewat media ini, sehingga bisa mengurangi pengangguran dan juga untuk masyarakat tidak mampu kita bisa donasi lewat media (steemit.com) ini,” imbuhnya.

Mariska Lubis,  Ketua KSI Chapter Bandung menyebutkan, keberadaan steemit.com sudah dirasakan langsung manfaatnya oleh warga di Aceh, Medan hingga Papua.

Pasalnya, laman medsos tersebut memang diperuntukan bagi orang-orang yang memiliki pemikiran kreatif. Tak hanya lewat karya tulis, namun bisa juga memposting video, foto maupun game.

“Cukup dengan karya kreatifitas, dengan berani menjadi original kita bisa melakukan perubahan,” katanya.