Sabtu, 27 Januari 2024 17:48

Pos Angkatan Laut Kluwut Brebes Padamkan Kebakaran KM Sanu Jaya

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Sejumlah personil dibawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tegal bersama tim Satgas gabungan Damkar, Polres, Satpolairud, BNPB Brebes serta masyarakat setempat gerak cepat atasi kebakaran kapal KM. Sanu Jaya di Dermaga Kluwut Brebes.
Sejumlah personil dibawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tegal bersama tim Satgas gabungan Damkar, Polres, Satpolairud, BNPB Brebes serta masyarakat setempat gerak cepat atasi kebakaran kapal KM. Sanu Jaya di Dermaga Kluwut Brebes. [Puspen TNI]

Limawaktu.id, Diduga karena percikan api dari alat pemotong besu gerinda yang menyambar fiber bagian geladak kapal mengakibatkan kebarakaran di geladak kapl KM Sanu Jaya di Dermaga Kluwut Bresbes.

Sejumlah personel TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pos Angkatan Laut (Posal) Kluwut, dibawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tegal bersama tim Satgas gabungan Damkar, Polres, Satpolairud, BNPB Brebes serta masyarakat setempat gerak cepat atasi kebakaran kapal KM. Sanu Jaya di Dermaga Kluwut Brebes.

“Dari informasi yang di dapat, kejadian berawal ketika KM. Sanu Jaya sedang melaksanakan pemasangan fiber, tiba-tiba percikan api yang berasal dari alat pemotong besi gerinda menyambar fiber di bagian geladak kapal dan mengakibatkan geladak kapal terbakar,” terang Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/1/2024).

Dia menjelaskan, melihat api yang semakin besar salah satu Anak Buah Kapal (ABK) melaporkan kejadian tersebut kepada Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Posal Kluwut untuk meminta bantuan.

Saat menerima laporan tersebut, Babinpotmar Posal Kluwut yang sedang bertugas langsung menuju TKP dan menghubungi tim pemadam kebakaran setempat untuk mempercepat proses evakuasi. Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian tersebut pun ikut memberikan bantuan.Akhirnya api dapat dipadamkan pada pukul 10.45 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun kerugiannya adalah 1 unit KM. Sanu Jaya hangus terbakar.

Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI AL senantiasa memiliki peran dalam membangun rasa aman bagi masyarakat terutama yang membutuhkan bantuan di perairan nusantara tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut.

 

Baca Lainnya