Senin, 22 Januari 2018 5:16

Penegakan Hukum Soal Citarum Jangan Pandang Bulu

Reporter : Bubun Munawar
Ketua Distrik AMS Kota Cimahi Edy Sofyan melantik pengurus Rayon AMS se Kota Cimahi, Minggu (21/1).
Ketua Distrik AMS Kota Cimahi Edy Sofyan melantik pengurus Rayon AMS se Kota Cimahi, Minggu (21/1). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Penaggulangan Sungai Citarum yang sudah menjadi perhatian dunia internasional, mengemuka saat digelarnya Pelantikan Pengurus Rayon Angkatan Muda Siliwangi (AMS) se Kota Cimahi di Pendopo DPRD Kota Cimahi, pada Minggu (21/1/2018).

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen)  Pengurus Pusat AMS Denda Alamsyah, selain menjadi perhatian dunia internasional, masalaha Citarum juga menjadi fokus penanganan masalah lingkungan oleh pemerintah RI. “Saat pertemuan dengan pemerintah pusat, kami sudah menyampaikan beberapa hal terkait dengan penanganan Sungai Citarum ini,” jelasnya, usai pelantikan.

Dikatakan Denda, kepada pemerintah pihaknya menyampaikan, penanganan Citarum harus dibarengi dengan Penegakan hukum yang tegas, siapapun yang melakukan pelanggaran harus diberikan sanksi sesuai hukum yang ada. “Pelanggaram terhadap pencemaran lingkungan di Citarum jangan pandang bulu, siapapun yang melanggar harus diberikan tindakan tegas,” ungkapnya.

Tak hanya itu, AMS juga meminta agar alokasi anggaran yang dikucurkan untuk revitalisasi Sungai Citarum harus tepat sasaran. “Anggaran untuk Citarum ini harus digunakan untuk kegiatan penanganan soal Citarum jangan digunakan untuk hal-hal yang lain, “ katanya.

Tak hanya itu, peran serta masyarakat juga harus dilibatkan dalam penanganan Sungai Citarum yang sudah memprihatinkan.”Harus ada mobilisasi masyarakat untuk berperan serta, Alhamdulillah pemerintah pusat sudah berkomitmen dengan hal ini terbukti Pangdam III Siliwangi menjadi komando dalam menggerakan masyarakat terkait soal Citarum ini ,” papatnya.

AMS sebagai organisasi sosial kemasyarakatan turut dilibatkan untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam penanganan Sungai Citarum ini. Bahkan kader AMS sudah melakukan kiprahnya dengan dibentuknya Forum Citarum Harum. (bun)  

Baca Lainnya