Minggu, 28 Januari 2018 16:11

Penanaman 1500 Pohon oleh Polsek Ibun

Kapolsek Ibun, Iptu Asep Dedi bersama perwakilan klub Motor N-Max Portugal pada saat penanaman 1500 pohon di area sepanjang jalur Jalan Cukang Monteng, Minggu (28/1/2018)
Kapolsek Ibun, Iptu Asep Dedi bersama perwakilan klub Motor N-Max Portugal pada saat penanaman 1500 pohon di area sepanjang jalur Jalan Cukang Monteng, Minggu (28/1/2018) [Limawaktu]

Limawaktu.id,- polsek ibun menggelar penanaman 1500 pohon di area sepanjang jalur Jalan Cukang Monteng, di Kampung Palawija RW 11 Desa laksana Kecamatan Ibun, Minggu (28/1/2018).

Kapolsek Ibun, Iptu Asep Dedi mengungkapkan, pihaknya melakukan penanaman ini dalam rangka penghijaun di sepanjang jalan Cukang Monteng agar tidak terjadinya longsor. Ia pun mengaku, telah melakukan penanaman pohon ini sudah dua kali, pada Januari 2017 sebanyak 1000 pohon dan saat ini Polsek Ibun telah melakukan penanaman sebanyak 1500 pohon.

Baca Juga : Dandim 0609 Mengajak Menjaga Lingkungan dan Ekosistem

"Ini merupakan program tahunan kita, untuk melakukan penanaman di wilayah Kecamatan Ibun, hal ini dilakukan agar tidak terjadi longsor," kata Asep saat diwawancara.

Dia pun menjelaskan, ribuan pohon tersebut ia dapat dari hasil pembibitan salah satu anggotanya, yakni Aiptu Nunu yang kerap dengan sapaan manusia pohon, dan para komunitas yang tergabung dengan petugas kepolisian.

Baca Juga : Alih Fungsi Lahan Hutan di Kabupaten Bandung Sebabkan Bencana

"Kita mengajak masyarakat untuk menanam pada saat bulan Januari, dan dari tahun ke tahun pohon yang kita tanam meningkat. Pembibitan pohon sendiri dilakukan oleh petugas Bhabinkamtibmas Polsek Ibun. Dan yang ditanam ribuan pohon keras atau endemik," ungkapnya.

Asep pun menjelaskan, karena wilayahnya merupakan Hulu, oleh karena itu, pihaknya melakukan penghijauan untuk melestarikan alam disekitar hulu, sehingga apabila di hulu mata airnya terjaga, maka ke hilir pun akan baik. "Program ini pun sekaligus menindak lanjuti program dari pemerintah Presiden Jokowi untuk Harum, jelasnya.

Menurut pantauan, kegiatan tersebut akan diikuti sejumlah instansi, yakni Muspika Kecamatan Ibun, masyarakat, tokoh kecamatan Ibun, Pertamina, Indonesia Power, Pramuka Sedapil 5, pecinta lingkungan Kabupaten Bandung, Bhayangkari beserta Keluarga Polsek Ibun, Kelompok senam sekecamatan Ibun, klub Motor N MAX PORTUGAL ( Persatuan orang tua gaul) dan dari DPC LSM Didik Kab. Bandung.

Selain penanaman 1500 pohon, Polsek Ibun pun telah memberi santunan berupa pembagian 150 paket sembako kepada anak yatim piatu dan jompo yang ada di Desa se Kec. Ibun yang secara simbolis diserahkan dari perwakilan klub motor Portugal kepada Kanit Patroli yang selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat melalui bhabinkamtibmas Polsek Ibun.

Baca Lainnya