Jumat, 8 Desember 2017 17:15

Pemkot Cimahi Tunggu Kejelasan Soal Proyek LRT

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi LRT
Illustrasi LRT [Pixabay]

Limawaktu.id - Pemerintah Kota Cimahi mendukung rencana pembangunan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya. Rencana awal, Kota Cimahi menjadi daerah yang akan dilintasi proyek tersebut.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto mengatakan, jika proyek LRT jadi digarap pemerintah pusat, maka sedikitnya akan mengurangi volume kendaraan yang dinilai semakin padat.

“Kalau itu jadi, saya mendukung. Dengan LRT itu berharap agar volume lalu lintas berkurang, katanya, Jum'at (15/4/2017).

Ruswanto berharap, dengan mode transportasi yang memadai seperti LRT, masyarakat bisa beralih menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

“Bahwasanya ketika ada pelayanan angkutan umum yang baik, kita berharap yang semula menggunakan kendaraan pribadi bisa beralih,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Cimahi, Tata Wikanta mengungkapkan, pihaknya belum mendapat informasi lebih jauh terkait proyek pembangunan LRT Bandung Raya tersebut.

Menurut Tata, sejauh ini pihaknya baru mendapat informasi jika proyek LRT akan dibangun beberapa trase di Jalan Amir Machumd hingga Jalan Cibeureum.

“Kalau posisi spesifiknya belum ada, apakah nanti akan dibangun di tengah, di samping atau di mana, itu belum dibahas lebih lanjut,” bebernya.

Untuk sementara ini, lanjut Tata, Pemerintah Kota Cimahi tengah fokus merevisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Sebab, dalam Perda RTRW saat ini belum ada aturan bawha jalan nasional akan dikadikan trase LRT.

“Kalau ternyata proyek LRT itu akan dilanjutkan, revisinya kami siapkan dan akan dibahas tahun ini,” terangnya. (kit)

Baca Lainnya