Senin, 28 November 2022 15:42

Pemkot Cimahi Berikan Kebahagian Kepada Warga Melalui Kemudahan Pelyanan di MPP

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi secara resmi  digunakan untuk melakukan berbagai pelayanan kepada masyarakat, yang ditandai peresmian oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nurgahawan, Senin (28/11/2022).

Penjabat Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menyebutkan, dibangunnya mal pelayanan publik ini dilakukan untuk memberikan kebahagiaan warga Kota Cimahi  melalui berbagai  pelayanan yang hadir di MPP.

 “Hadirnya MPP Kota Cimahi menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kota Cimahi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, Tujuannya untuk membahagiakan masyarakat, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan publik secara nyaman,” Ungkap Dikdik disela peresmian MPP.

Menurutnya, sejak awal MPP Kota Cimahi dirancang agar dapat memenuhi harapan masyarakat, termasuk penyediaan sarana dan prasarana layanan publik yang memadai dan nyaman, diantaranya dengan memberikan kemudahan akses, ketersediaan parkir, fasilitas bagi anak dan ibu menyusui, ruang tunggu yang nyaman, fasilitas bagi disabilitas, perpustakaan mini, musholla, dan kantin.

Dikatakannya, Selain sarana prasarana MPP yang bersifat fisik, MPP Kota Cimahi juga menyediakan sistem informasi layanan yang mengintegrasikan layanan di MPP. Seluruh kegiatan pelayanan publik kini dipusatkan di MPP Kota Cimahi, termasuk juga pelayanan administrasi yang disediakan oleh pemerintahan pusat, BUMN, BUMD, instansi vertikal.

 “Ada 159 jenis pelayanan yang dapat dilakukan di Mal Pelayanan Publik Ini,” sebutnya.

Dia merinci, MPP Kota Cimahi menghadirkan 159 layanan dari 39 instansi pemerintah, BUMN, BUMD, swasta, dan asosiasi. Adapun rincian instansi yang bergabung yaitu 19 instansi Pemerintah Daerah Kota Cimahi dan 23 instansi vertikal, BUMN, BUMD, swasta dan profesi.

Dia melanjutkan, untuk mempermudah akses ke MPP, pihaknya sedang melakukan evaluasi dan kajian mengenai alses transportasi umum, sehingga akan mempermudah watga Kota Cimahi untuk datang di MPP ini.

MPP Kota Cimahi juga akan menggunakan teknologi informasi sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih terintegrasi. Masyarakat Kota Cimahi dapat berkunjung untuk mengurus layanan perizinan dan non-perizinan setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. Layanan informasi MPP Kota Cimahi juga dapat diakses melalui alamat https://mpp.cimahikota.go.id/.

Sementara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Reformasi Birokrasi Abdullah  Azwar Anas sangat mengapresiasi dibangunnya MPP Kota Cimahi yang dinilainya cukup megah. Namun dirinya  menekankan bahwa hal terpenting setelah adanya gedung MPP Kota Cimahi, ialah sosialisasi kepada warga masyarakat mengenai keberadaan tempat layanan publik terpadu di Kota Cimahi.

Menteri Anas mengatakan,  kehadiran MPP merupakan contoh bagaimana birokrasi berdampak. Sebab,  MPP bukan soal gedung, namun lebih pada integrasi pelayanan yang dihadirkan untuk memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan efisien pada masyarakat.

“Pemerintah Kota Cimahi harus mempersiapkan MPP Kota Cimahi untuk pengimplementasian “Super App” MPP Digital yang akan segera diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” pintanya.

Dia menjelaskan, dengan dilakukannya  digitalisasi administrasi pemerintah pelayanan yang diberikan kepada warga Kota Cimahi  akan lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, transparan dan tidak memberi ruang untuk korupsi.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer