Rabu, 18 Agustus 2021 16:29

Pekan Ini 100 Persen Wilayah Jabar Bebas Zona Merah

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. [Dok. Humas Pemda Provinsi Jawa Barat]

Limawaktu.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan seluruh kabupaten dan kota di wilayah Jabar minggu ini bebas dari zona merah penularan COVID-19.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga mengatakan, status wilayah Jabar sudah turun ke resiko penularan sedang, yang ditandai dengan turunnya Bed Occupancy Ratio (BOR) secara drastis dari bulan sebelumnya.

“BOR 28,5 persen. Keterisian rumah sakit untuk COVID-19 berada pada rekor terendah di 28,5% dari puncaknya bulan lalu 91 persen,” katanya pada Rabu (18/8/2021).

Dirinya juga menambahkan, vaksinasi sudah mencatat rekor sebanyak 200 ribu dosis per hari, naik 4 kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya yang sebanyak 50 ribu dosis per hari.

“Ayo warga Jabar, pertahankan dan sempurnakan keterkendalian ini dengan prokes dan 5M, agar semua lini ekonomi bisa normal kembali,” tutupnya.

Melansir Detik.com, secara keseluruhan terdapat 6 provinsi yang berhasil keluar dari status zona merah, antara lain Kepulauan Riau, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Lainnya

Topik Populer