Jumat, 10 Juni 2022 18:56

Ngatiyana Lepas Tenaga Kerja Magang ke Jepang

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana melepas belasan tenaga kerja yang sudah mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang untuk menjadi tenaga kerja magang di negeri Sakura tersebut.

Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Cimahi Media Internusa Denny Noor menyebutkan, pihaknya melakukan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada mereka yang berminat untuk bekerja di luar negeri khusunya Jepang.

“Pada bulan  ini kami akan memberangkatkan 13 tenaga kerja yang sudah terlatih untuk melaksanakan magang di Jepang,” terangnya, Jum’at (10/6/2022).

Dia menyebutkan, mereka akan ditempatkan di beberapa kota yang ada di Jepang diantaranya  untuk magang di perusahaan bidang pertanian, pengolahan makanan, serta  perakitan robot  di Kota Nagasaki dan Hiroshima.

Sementara, salah seorang pemberi materi pelatihan yang juga dosen Unpad Dicky menyebutkan, para calon tenaga kerja ini diberikan materi pelatihan  terutama soal budaya Jepang, karena budaya akan membentuk bahasa, salah satu budaya Jepang adalah tepat waktu.

“Selain soal budaya tentu saja kita juga ajarkan tentang pengetahuan Bahasa Jepang, karena membaca Bahasa Jepang berbeda dengan membaca huruf Arab atau hurup latin seperti kita, dalam memberikan materi pelajaran kita sampaikan bagaiamana cara memperlajari bahasa , tak sekedar mendengarkan guru mengajar tapi juga bagaimana belajar dengan menggunakan telinga, mata serta tangan, agar tiga indra tersebut terintegrasi dalam kepala kita,” sebutnya.

Salah seorang peserta pelatihan Sania mengatakan dirinya merasa bahagia karena sudah lama menanti bisa berangkat ke Jepang usai kut pelatihan bahasa Jepang yang difasilitasi oleh Disnaker Kota Cimahi.

Hal senada disampaikan Wilda R Regina. Dia merasa senang dan bangga karena akhirnya bisa berangkat ke Jepang setelah mengikuti pelatihan di LPK Cimahi Media Internusa yang bekerjasama dengan Disnaker Kota Cimahi.

“Mencari pekerjaan disini agak sulit sehingga saya memutuskan untuk pergi ke luar negeri dan ternyata banyak lowongan kerja di Jepang,” tuturnya.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengungkapkan, program yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja yang melakukan kolaborasi dengan LPK ini dilakukan untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kota Cimahi, melalui pelatihan Bahasa Jepang di LPK Cimahi Media Inetrnusa, para peserta pelatihan akan menjalani magang di Jepang.

“Hari ini kita lepas mereka untuk melaksanakan magang di Jepang setelah sebelumnya dilatih Bahasa Jepang,” pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer