Kamis, 7 September 2023 21:08

Menteri Anas Dorong Kota Pekanbaru Kembangkan MPP Digital

Penulis : Bubun Munawar
Menteri PANRB  Abdullah Azwar Anas meninjau aktivitas pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru usai mengalami kebakaran pada 5 Maret 2023. Kunjungan tersebut didampingi oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (7/9/2023).
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas meninjau aktivitas pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru usai mengalami kebakaran pada 5 Maret 2023. Kunjungan tersebut didampingi oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (7/9/2023). [Humas MENPANRB]

Limawaktu.id, PEKANBARU – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meninjau aktivitas pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru usai mengalami kebakaran pada 5 Maret 2023. Kunjungan tersebut didampingi oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (7/9/2023).

“MPP ini baru saja terbakar tapi pelayanan harus tetap berjalan. Saya lihat pelayanannya hari ini tadi cukup ramai,” ujarnya saat mengunjungi MPP Kota Pekanbaru.

Menteri Anas mendorong Kota Pekanbaru untuk mengembangkan pelayanan ke MPP Digital sebagai ruang integrasi pelayanan berbasis elektronik.

“Dengan MPP Digital, masyarakat tidak perlu hadir secara fisik. Layanan dapat diakses hanya dengan menggunakan satu akun saja dan cukup sekali mengunggah dokumen persyaratan layanan,” jelasnya.

Pada MPP Digital, lanjutnya dikatakan, proses pengisian data tidak berulang karena telah terintegrasi dengan data kependudukan.

“Untuk menghadirkan MPP Digital, perlu komitmen yang kuat. Integrasi dan keterpaduan layanan digital yang simpel harus segera dihadirkan agar masyarakat lebih dimudahkan dan tidak dipusingkan mengisi data,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu, Wapres K.H. Ma’ruf Amin telah meluncurkan MPP Digital pada 21 MPP kabupaten/kota. Mantan Kepala LKPP ini mendorong pemda lainnya juga mengembangkan layanan ke MPP Digital terutama bagi yang telah memiliki MPP fisik.

Menteri Anas berharap kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Riau segera membangun MPP. Ia menegaskan bahwa menghadirkan MPP tidak diwajibkan membangun gedung baru.

“MPP tidak selalu harus bangun gedung baru tapi bisa juga memanfaatkan gedung yang ada sehingga cepat dihadirkan,” ucapnya.

Baca Lainnya