Kamis, 25 April 2019 12:33

Melihat Garangnya Ekskavator Robohkan Bangli di Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Sebuah Bangunan Liar (Bangli) di Jalan Muara Takus, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kamis (25/4/2019).
Sebuah Bangunan Liar (Bangli) di Jalan Muara Takus, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kamis (25/4/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sebuah Bangunan Liar (Bangli) di Jalan Muara Takus, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kamis (25/4/2019).

Bangunan semi permanen itu digunakan sebagai tempat usaha bengkel, yang dianggap ilegal dan liar sehingga harus dirobohkan. Untuk merobohkan bangunan itu, petugas harus menggunakan alat berat jenis ekskavator untuk merobohkan dinding bangunan yang terbuat dari tembok.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat, Satpol PP Kota Cimahi, Titi Ratna Kemala, mengatakan, bangunan tersebut dibongkar karena melanggar Perda ketertiban umum, tidak memiliki izin dan melanggar Peraturan Daerah (Perda) pemanfaatan badan jalan.

"Bangli ini berdiri diatas gorong-gorong atau saluran air yang besar, jadi dalam Perda kami ada larangan tidak boleh ada bangunan yang berdiri diatas saluran air," ujarnya saat ditemui disela pembongkaran.

Sebetulnya, kata dia, Satpol PP Kota Cimahi sudah memberikan pemberitahuan dan peringatan sejak tahun 2017, namun bangunan yang digunakan sebagai bengkel tersebut tidak pernah digubris oleh pemiliknya.

"Tapi pembongkarannya sempat kami pending dulu. Kami sempat memberikan imbauan dan peringatan biar pemiliknya bisa membongkar sendiri, namun tidak dilakukan," katanya.

Saat pelaksanaan pembongkaran, puluhan anggota Satpol PP dan anggota TNI berjaga disekitar lokasi untuk menghindari adanya penolokan dari warga setempat. Sedangkan warga berkerumun untuk menyaksikan pembongkaran tersebut.

Baca Lainnya