Jumat, 3 Januari 2020 19:31

Kotaku Perbaiki Kondisi Lingkungan Kelurahan Garuda Kecamatan Andir

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Peningkatan infrastruktur dan sanitasi lingkungan yang dibiayai oleh program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan Kementerian PUPR ikut mendorong perbaikan lingkungan di Kelurahan Garuda Kecamatan Andir Kota Bandung. masyarakat menyambut baik program ini karena bisa merasakan manfaatnya secara langsung.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Bina Dharma Kelurahan Garuda Kecamatan Andir Kota Bandung, Suhondo menyebutkan, di Kelurahan Garuda dilakukan penataan infrastruktur lingkungan warga berupa pembuatan dranaise, Sarana pembuangan air limbah,  dan pengaspalan jalan lingkungan.

"Melalui Program Kotaku yang digulirkan Kementerian PUPR BKM kami mendapatkan kucuran dana sebesar Rp. 1 Miliar yang digunakan untuk memperbaiki infrastruktur dan sanitasi  lingkungan warga yang tersebar di enam Rukun Warga," sebutnya,

Dikatakannya, selain melibatkan partisipasi aktif masyarakat, dalam mengerjakan kegiatan yang dilakukan BKM tak sendirian, karena pelaksanaanya dilakukan oleh pihak ketiga yang dianggap mampu sesuai ketentuan yang disayaratkan, sehingga pengerjaannya sesuai dengan yang ditetapkan dalam program Kotaku.

Wagiono, salah seorang warga RW 04 Kelurahan Garuda Kecamatan Andir mengatakan, dengan adanya perbaikan drainase di wilayahnya sedikitnya ikut membantu kondisi  sanitasi di wilayahnya, karena sebelumnya saluran dari rumah  warga dibuang ke sungai, sebelum dibangunnya drainase ini.
"Dengan  perbaikan drainase dan diameternya diperlebar, saluran air menjadi lebih lancar dan tidak mampet lagi," katanya.

Hal yang sama disampaikan Ketua RT 03/04 Kelurahan Garuda, Eli, pihaknya mengucapkan terimakasih atas dilakukannya pengaspalan jalan di wilayahnya, sehingga membuat warga bisa lebih nyaman. Program Kotaku dirasakan manfaatnya secara langsung oleh warga RT 03/04 dan Kelurahan Garuda pada umumnya.

"Alhamdulillah dengan pengaspalan ini jalan menjadi lebih nyaman, pengerjaan pun dilakukan dengan baik," paparnya.

Hal yang sama disampaikan Uje, Ketua KSM Garuda Jaya. Pihaknya sudah melaksanakan pengaspalan jalan seluas 2200 meter di lingkungan warga. Pembangunan infrastruktur dan sanitasi lingkungan di wilayahnya sangat bermanfaat untuk warga Kelurahan Garuda.

"Program Kotaku tak lepas dari urun rembug warga yang dilakukan dan diusulkan kepada pemerintah , sehingga mendukung pembangunan di wilayah kami, " tuturnya.

Camat Kecamatan Andir Kota Bandung T. Mulyana mengungkapkan, dari enam kelurahan di Kecamatan Andir, ada lima kelurahan yang mendapatkan bantuan dari Kotaku, namun satu kelurahan lagi tak memenuhi persyaratan lahan, sehingga hanya empat kelurahan yang disentuh oleh program Kotaku di Kecamatan Andir. Keempat Kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Garuda, Kelurahan Ciroyom, Kelurahan Campaka dan Kelurahan Dunguscariang.

"Keberadaan BKM dan warga kami yang secara aktif ikut membantu kegiatan pembangunan di Kecamatan Andir saya rasakan berjalan dengan baik, kolaborasi antara program Kotaku dan program lainnya dirasakan luar biasa," pungkasnya.   

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer