Selasa, 23 November 2021 18:11

Kepala Daerah di DAS Citarum Sepakati Kerjasama Pengelolaan Sampah

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berbincang sebelum penandatanganan kerjasama prohram ISWMP di Hotel Holiday Inn, Selasa (23/11/2021)
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berbincang sebelum penandatanganan kerjasama program ISWMP di Hotel Holiday Inn, Selasa (23/11/2021) [Humas Kab.Bandung]

Limawaktu.id,- Beberapa kepala daerah di Jawa Barat melakukan perjanjian kerjasama program ISWMP (Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities), yang  merupakan program berskala nasional bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah yang beradaptasi dengan berbagai kondisi perkotaan yang berbeda di Indonesia.

Terdapat komponen dalam program ISWMP yang akan berkontribusi dalam penyelesaian permasalahan DAS Citarum khususnya dalam pengelolaan persampahan, sehingga lokasi tersebut akan tersebar di 8 (delapan) kota/kabupaten di Jawa Barat.

Dukungan pendanaan terbesar berada pada komponen peningkatan infrastruktur pengelolaan sampah dengan anggaran sekitar 7,7 juta USD yang akan dilaksanakan pada kota/kabupaten yang berada di wilayah DAS Citarum.

Proyeksi kabupaten/kota yang akan menerima pembiayaan investasi ini di antaranya adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat yang berada di kawasan Metro Bandung serta Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi yang berada di luar kawasan Metro Bandung dimana seluruhnya memiliki kebutuhan infrastruktur pengelolaan sampah padat yang mendesak.

Menurut Bupati Bandung Dadang Supriatna, kick off penanggulangan sampah di kawasan Bandung Raya dan sekitarnya hari ini sudah di launching oleh Plt. Dirjen Bina Pembangunan Daerah Sugeng Hariyono

“Nantinya kabupaten kota yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum akan bersama- sama berkolaborasi dan bersinergi melaksanakan program ISWMP tersebut,” jelasnya, usai menandatangai kerjasama Program ISWMP di Hotel Holiday Inn, Bandung, Selasa (23/11/2021).

Dikatakannya, pihaknya sudah menandatangani kesepakatan. Rencananya tahun 2025  akan  bersih dari sampah.

“ Saya sudah mengintruksikan jajaran, sekretaris daerah dan Kadis Lingkungan Hidup agar fokus untuk penanganan dan kerjasama antar daerah ini, sehingga penanggulangan sampah bisa terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan," katanya.

Baca Lainnya