Jumat, 13 Mei 2022 19:54

Kasad Bangga Jadi Warga Kehormatan Korps Armed

Penulis : Bubun Munawar
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima penghargaan menjadi Anggota kehormatan Armed TNI AD yang ditandai dengan  pemakaian Brown Baret, brivet Astros dan Jaket Gunner, oleh Dan Pussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Jum'at (13/5/2022).
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima penghargaan menjadi Anggota kehormatan Armed TNI AD yang ditandai dengan pemakaian Brown Baret, brivet Astros dan Jaket Gunner, oleh Dan Pussenarmed Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Jum'at (13/5/2022). [Istimewa]

Limawaktu.id,-  Kepala Staf TNI Angkatan Darat  (Kasad) Jendreal TNI Dudung Abdurachman mengaku bangga  saat dirinya dinobatkan sebagai Warga Kehormatan Korps Artileri Medan (Armed). Hal itu diungkapkannya usai  menerima penghargaan menjadi Anggota kehormatan Armed TNI AD yang ditandai dengan  pemakaian Brown Baret, brivet Astros dan Jaket Gunner.

“Saya merasa bangga menjadi warga kehormatan Armed,” ungkapnya.

Sebelumnya, kasad melaksanakan penembakan Roket Astros dengan taktik Shoot and Scoot , saat  latihan menembak senjata berat/Roket terpadu di Tiga wilayah Ujung Genteng, Malereng dan Cibenda Kabupaten Sukabumi. Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, prajurit Armed telah berlatih dengan serius  dalam melayani penembakan  secara terampil dan cepat.

“Saya yakin profesionalme prajurit TNI AD khususnya prajurit Armed masih terjaga dengan  baik dan akan mampu bertugas optimal,” ungkapnya.

Dikatakan Dudung, dia menyaksikan secara langsung penembakan Roket bisa dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

“ Saya berkeyakinan Bahwa TNI AD profesional dan TNI AD siap untuk menjaga NKRI,” ujarnya

Kedatangan Kasad ke tempat latihan prajurit Armed didampingi Dankodiklat Letjen TNI Ignatius Yugo Triyono Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Danpussenarmed Mayjen TNI Totok Imam  dan juga pejabat Utama TNI AD.

Disela kegiatan peninjauan latihan kali ini, Kasad juga memberikan bantuan sembako sebanyak 750 paket yang diserahkan kepada masyarakat Warga Desa Ujung Genteng, Cibenda dan Mareleng sebagai bentuk kepedulian , kebersamaan dan kecintaan terhadap masyarakat.

Selanjutnya, Kasad menerima penjelasan singkat di daerah stelling Astros terkait mekanisme latihan penembakan senjata Armed dari Direktur Pembinaan dan Latihan (Dirbinlat) Pussenarmed Kodiklatad Kolonel Arm Hendro Agus Suseno, dilanjutkan menyaksikan tembakan  Astros II MK 6 dengan menggunakan munisi jenis SS-80 yang memiliki jarak capai sejauh 60 Km oleh anggota Batalyon Armed 10/Brajamusti.

Sejumlah senjata atau alutsista yang digunakan dalam latihan ini terpadu kali ini adalah meriam 155 mm GS M109A4-BE dari Yonarmed 4/Parahyangan Kodam III/SLW. Kemudian meriam 155 mm GS Caesar dari Yonarmed 9/Pasopati/1/1Kostrad. Lalu, roket Astros II MK 6 dari Yonarmed 10/Bradjamusti/1/1 Kostrad. Terakhir, meriam 76 mm dari Yonarmed 13/Nanggala/1/1 Kostrad.

Sementara itu, selaku pimpinan umum latihan, Komandan Pussenarmed Kodiklatad Mayjen TNI Totok Iman Santoso mengatakan latihan tempur dilaksanakan mulai 10 hingga tgl 14 Mei 2022 dengan melibatkan 414 orang.

 "Kita mengerahkan empat batalyon, mulai senjata kaliber 76 mm dg jarak 8 kilometer hingga roket astros dg jarak 300 kilometer," katanya.

Latihan ini diskenariokan seolah melaksanakan operasi membantu satuan manuver. Nanti semua senjata menembak bersama-sama dan terpadu dibawah satu Komando pimpinan Tembakan, dan dari tempat steling yang berbeda.

Baca Lainnya