Selasa, 19 Desember 2017 15:32

JPO Senilai Rp 1,3 M Siap Dibangun di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Pembangunan JPO di Jl. HMS Minareja
Pembangunan JPO di Jl. HMS Minareja [limawaktu]

Limawaktu.id, - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cimahi kucurkan dana Rp 1,3 miliar untuk pembangunan Jembatan Penyebrangan Orang (jpo) di Jalan HMS Mintareja, Cimahi.

Pembangunan lanjutan JPO tersebut sudah dimulai sejak Senin (18/12), dimulai dari pemasangan beton. Jembatan khusus orang tersebut ditagetkan berfungsi tahun 2018.

"Pembangunan JPO tersebut dilakukan karena rawan kecelakaan, ditambah lagi banyak bangunan sekolah di kawasan tersebut," ujar
Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Ainul Yakin di Komplek Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, Selasa (19/12/2017).

Dikatakannya, pondasi dan pilar JPO sudah dikerjakan sejak Oktober 2017. "Tinggal dilanjutkan dengan cor lantai dan tangga. Untuk pagarnya pabrikan sudah jadi tinggal pasang," katanya.

Dijelaskan Ainul, JPO yang dibangun kali ini berbahan beton precast dengan panjang sekitar 30 meter. Selama ini biasanya JPO yang dibangun terbuat dari baja. Bahkan dari lima JPO yang tersebar di beberapa titik di kota cimahi berbahan baja.

"Iya ini satu-satunya JPO berbahan beton di cimahi. Sekarang sudah tidak musim lagi pakai baja. Maintanancenya repot karena korosi. Jadi pakai beton precast lebih kuat dan tidak perlu maintanance yang berat," jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ainul, JPO dengan bahan beton precast juga lebih kuat dan murah. Termasuk pemeliharaanya lebih mudah. Paling pengecatan saja.

"Meskipun banyak JPO yang berbahan baja, tapi kami belum ada rencana menggantinya dengan beton. Kan masih layak, hanya perlu rehabilitasi aja. Masih banyak yang lebih prioritas," bebernya. (kit)*

Baca Lainnya