Rabu, 15 Februari 2023 12:31

Jokowi Soroti Krisis Air Global

Penulis : Saiful Huda Ems (SHE)
Presiden Jokowi menyambut Presiden World Water Council, Loic Fauchon, dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta,  Rabu (15/02/2023).
Presiden Jokowi menyambut Presiden World Water Council, Loic Fauchon, dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/02/2023). [BPMI/Setpres]

Limawaktu.id,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti  telah dimulainya krisi air global (global water crisis) yang saat ini sudah dihadapi bersama.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menerima delegasi World Water Council dan juga dari National Organizing Committee untuk World Water Forum Ke-10 di Bali tahun 2024,di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (15/2/2023).

“Bapak presiden memesankan kepada enam topik yang harus dibahas di dalam World Water Forum nanti, di antaranya adalah kebutuhan air untuk human dan environment,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden saat menerima delegasi World Water Counsil.

Menurut Basuki, topik kebutuhan air untuk manusia dan lingkungan menjadi perhatian karena Presiden Jokowi memandang saat ini dunia sudah menghadapi krisis air global. Oleh karena itu, Presiden berharap World Water Forum ke-10 di Bali nanti dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi nyata.

“Beliau melihat the global water crisis sekarang ini sudah kita hadapi. Untuk itu, beliau berharap World Water Forum Ke-10 nanti tidak hanya sebagai conference biasa, tapi juga menghasilkan concrete recommendations untuk dilakukan aksinya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, pada Senin-Selasa 15-16 Februari ini, akan dimulai pertemuan awal yang akan dihadiri oleh seluruh Dewan Gubernur World Water Council yang terdiri atas 56 orang. Selain itu, pertemuan perdana ini juga akan dihadiri lebih dari 1.400 orang peserta.

Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali tahun 2024 mendatang, salah satunya adalah kebutuhan air untuk manusia dan lingkungan.

“Mudah-mudahan kick-off meeting ini bisa berjalan dengan baik untuk bisa menggerakkan semua. Jadi tujuannya adalah memobilisasi, menggerakkan semua stakeholders di water sector untuk lebih aware terhadap problem-problem pengelolaan sumber daya air,” imbuh Menteri Basuki.

Sementara itu, Presiden World Water Council, Loic Fauchon, menyampaikan apresiasinya atas dukungan Presiden Joko Widodo dan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia dalam bidang air. Ia pun mengajak semua pihak untuk mempersiapkan penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali dengan baik.

“Kita harus mempersiapkan World Water Forum berikutnya yang akan diadakan di Bali tahun depan dan bersama-sama dalam proses koordinasi kita mencoba memberikan solusi baru, respons baru yang memungkinkan kita meningkatkan akses air untuk miliaran orang,” ujarnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer