Selasa, 9 Mei 2023 19:48

Java Halu Coffee Perkenalkan Kopi Indonesia di Amerika Serikat

Penulis : Bubun Munawar
Rani Mayasari, Owner Java Halu Coffee berkesempatan menyampaikan persepsi tentang kopi Jawa Barat di Amerika Serikat
Rani Mayasari, Owner Java Halu Coffee berkesempatan menyampaikan persepsi tentang kopi Jawa Barat di Amerika Serikat [Instagram]

Limawaktu.id,- Java Halu Coffee yang merupakan produk unggulan Kabupaten Bandung Barat berkesempatan menyampaikan persepsi tentang kopi Jawa Barat. Selama ini Java Halu Coffee selain memproduksi kopi juga banyak memberikan edukasi kepada petani serta masyarakat umum bahkan untuk calon pembeli potensial tentang industri kopi.

Rani Mayasari yang merupakan Q Processor Java Halu Coffee memaparkan 3 hal yang dilakukan oleh Java Halu yaitu pertama, memaksimalkan potensi perempuan sebagai penggerak industri kopi. Sejauh ini dalam alur industrinya, 80 persen petani dan pekerja di Java Halu Coffe adalah perempuan.

Kedua, Zero Waste Production, produksi kopi dilakukan secara organik dan sampah bekas produksi kopi dikonversi menjadi produk energi terbarukan dan baik untuk lingkungan. Ketiga, memperkenalkan Kopi Ranum Luwak Enzymatic dimana tidak ada lagi animal abuse, hygienis dengan citarasa kopi unik dan memiliki cupping score specialty.

Dari paparannya di hadapan pengunjung SCE, Rani Mayasari mendapatkan respons positif dengan apresiasi yang sangat membanggakan dari sesama exhibitor seluruh dunia karena baru pertama kali ini menyasar pembeli potensial melalui edukasi. Tak tanggung-tanggung potensi buyer yang kepincut cukup signifikan dengan nilai USD 250.000 untuk panen tahun ini. Calon pembeli tak hanya dari Amerika tapi juga beberapa dari Eropa.

Rani Mayasari Mnegungkapkan, perjalannya ke benua Amerika utk mengikuti event terbesar specialtycoffeeassociation di Portland Oregon, lalu Setelah event selesai dia  mengunjungi sahabat di California, melalui San Francisco  diajak melihat bagimana diaspora Indonesia berjuang bersama memperkenalkan Kopi Indonesia di Amerika.

“Disana kami saling bertukar informasi, sekaligus kalibrasi skill teman-teman dalam  memperkenalkan Kopi Indonesia, salah satunya dengan Cupping session. Saya bercerita bagaimana cara saya melakukan Cupping kepada calon buyer importir, ada tips dan trik nya loh teman, agar kita bisa mendapat hasil maksimal dengan waktu & tools yang sangat terbatas,” katanya.

.

.

Baca Lainnya