Senin, 14 Agustus 2023 18:18

Ini Alasan Dandim 0609 Cimahi Letkol (Arm) Boby SIP Gelar Pasanggiri Jaipong

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Sebagian orang mungkin sudah pada tahu tentang tari jaipong, sebuah kesenian dalam bentuk tarian  tradisional dari Jawa Barat, yang biasanya menampilkan penari dengan menggunakan kebaya, serta diiringi musik tradisional Jawa Barat yang disebut Musik Jaipong.

Seiring dengan perkembangan  jaman, tradisi dan kebudayaan daerah yang pada awalnya dipegang teguh, di pelihara dan dijaga keberadaannya oleh setiap suku, kini sudah hampir punah. karena masyarakat kita khususnya para pemuda lebih condong senang meniru budaya-budaya luar dari pada budaya asli kita sendiri.

“Saya melihat animo masyarakat untuk mempertahankan tari jaipong ini mulai turun, karenanya kami Kodim 0609 membuat kegiatan Pasanggiri Tari Jaipong,” terang Dandim 0609 Cimahi Letkol (Arm) Boby SIP, disela pelaksanaan Pasanggiri Tari Jaipong di Gedung Siliwangi Kodim 0609 Cimahi, Minggu (13/8/2023).

Menurut Boby dengan Pasanggiri Tari Jaipong ini akan kembali memotivasi para pelatih dan sanggar-sanggar yang ada di Jawa Barat dan sekitarnya, khususnya di Cimahi agar tetap eksis mempertahankan budaya bangsa.  

Boby menyebutkan, Pasanggiri ini akan dilaksanakan secara rutin sebagai kalender tahunan Kodim 0609 Cimahi, dengan Piala Bergilir Dandim 0609 Cimahi.

Boby berharap para pelajar sebagai peserta pasanggiri bisa lebih baik lagi dalam mengangkat seni budaya jaipong, baik di tingkat Provinsi Jabar maupun dunia.

Diberitakan Limawaktu.id sebelumnya,  Komandan Kodim 0609 Cimahi Letkol (Arm) Boby SIP mendorong penuh pengembangan Seni Budaya di Kota Cimahi dan Jawa Barat. Bahkan pihaknya akan memberikan rekomendasi kepada pelajar yang menjadi juara untuk masuk sekolah negeri melalui jalur prestasi pada Pasanggiri Jaipong Piala Bergilir Komandan Kodim 0609 Cimahi yang digelar selama 4 hari di Makodim 0609 Cimahi.

Hal itu disampaikan Boby, saat membuka Pasanggiri Jaipong se Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, di Gedung Sudirman Kodim 0609 Cimahi Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Sabtu (12/8/2023).

“Bagi pelajar yang menjadi juara pasanggiri asal Cimahi saya akan mengeluarkan rekomendasi untuk masuk ke sekolah negeri lewat jalur prestasi. Sementara bagi yang diluar Kota Cimahi, saya akan berkoordinasi dengan para Dandim yang ada di Kodam III/Siliwangi,” terang Boby.

Ketua Sunda Djati Freddy Siswadi menyebutkan, lebih dari 200 peserta dari tingkat TK SD dan SMP yang berasal dari Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta ikut serta dalam Pasanggiri Jaipong memperebutkan Piala Bergilir Dandim 0609 Cimahi ini.

 “Kami atas nama Sunda Djati dan pejuang seni mengucapkan terimakasih kepada pak Dandim atas dukungannya,” sebut Freddy.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer