Senin, 28 Juni 2021 21:49

Infrastruktur TPA Sarimukti Buruk Hambat Pembuangan Sampah

Reporter : Bubun Munawar
Truk pengangkut sampah di Lokasi TPA Sarimukti
Truk pengangkut sampah di Lokasi TPA Sarimukti [istimewa]

Limawaktu.id,- Pemkot Cimahi melalui  UPTD Persampahan meminta pengelola TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) , untuk membenahi infrastruktur di TPA Sarimukti. Pasalnya, buruknya infrastruktur di lokasi TPA I TPA Sarimukti, “ terang Kepala UPTD Persampahan Kota Cimahi Tarya Sudrajat, Senin (28/6/2021).

Menurut dia, akibat buruknya jalan tersebut,  terjadi  antrean truk yang lama, yang dikhawatirkan akan berdampak bagi para sopir.

“Waktu yang dibutuhkan untuk membuang sampah setibanya di TPA mencapai delapan jam, “ jelasnya.

Dikatakannya, dengan kendala lamanya antrean truk di lokasi TPA membuat banyak waktu yang terbuang. Bahkan ada truk sampah yang anjlok dan terbalik sehingga bisa membahayakan bagi para sopir.

“Kami berharap BPSR Jawa Barat segera melakukan penanganan infrastruktur jalan di TPA Sarimukti tersebut,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtias mengatakan, selain akibat longsor, antrean truk sampah juga karena kondisi TPA Sarimukti over kapasitas. Tumpukan sampah telah mencapai 50 meter. Bahkan jalur masuk truk kini telah dipenuhi sampah. Konsekuensinya truk harus bergantian. 

" jalan jalan yang seharusnya untuk masuk truk untuk meloading sampahnya ke daerah daerah itu hampir semua tertutup dengan ketinggian sudah sangat mengerikan," tambahnya. 

Dalam waktu dekat, DLH Jabar akan mencari jalan keluar dengan melakukan beberapa pengerasan jalur, membenahi saluran air dan melakukan pengurugan. 

 

 

 

Baca Lainnya